Pengembangan Media Tiga Dimensi dalam pembelajaran matematika pada murid kelas V SD Neg. 90 Kabupaten Sinjai

MAPPABENTENG, MAPPABENTENG (2016) Pengembangan Media Tiga Dimensi dalam pembelajaran matematika pada murid kelas V SD Neg. 90 Kabupaten Sinjai. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
3. BAB-I.docx

Download (32kB)

ABSTRAK Salah satu masalah pendidikan yang menjadi perhatian saat ini adalah sebagian besar peserta didik tidak mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pemanfaatannya dalam kehidupan nyata. Pemahaman konsep akademik yang mereka peroleh hanyalah merupakan sesuatu yang abstrak, belum menyentuh kebutuhan praktis kehidupan mereka. Sehingga rumusan masalah penelitian ini adalah (i) Bagaimana gambaran kebutuhan pengembangan media tiga dimensi dalam pembelajaran matematika dengan berbasis kenyataan. (ii) Bagaimana mendesain media tiga dimensi dalam pembelajaran matematika untuk murid kelas V SD. (iii) Bagaimana validitas, dan kepraktisan media tiga dimensi pada mata pelajaran matematika SD kelas V dalam penerapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media tiga dimensi dalam pembelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Neg. 90 Kabupaten Sinjai. Media tiga dimensi ini telah diuji coba terbatas sebanyak 20 orang siswa. Model pengembangan yang dugunakan dalam penelitian ini adalah Model Four-D yang terdiri 4 tahap yaitu: (1) tahap define, (2) tahap design, (3) tahap development, (4) tahap implentation.Pada prosedure pengembangan ini, peneliti hanya sampai pada tahap imlentation yaitu proses produksi, validasi, dan uji coba. Media pembelajaran tiga dimensi dalam pembelajaran matematika yang telah dikembangkan, telah divalidasi oleh pakar sehingga didapatkan hasil yang layak digunakan. Data hasil penelitian dianalisis dengan metode deskriftif menunjukkan bahwa pembelajaran media tiga dimensi dalam pembelajaran matematika bersifat valid dan praktis. Uji coba dilaksanakan di SD 90 Kabupaten Sinjai untuk melihat kepraktisan media pembelajaran tiga dimensi dalam pembelajaran matematika, dikatakan praktis karena telah memenuhi kriteria kepraktisan, dengan hasil pada umumnya respon guru dan siswa baik terhadap media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran. Dengan demikian maka hasil penelitian ini dapat digunakan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran khususnya pada siswa kelas V SD Neg. 90 Kabupaten Sinjai.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 06:27
Last Modified: 04 Apr 2018 06:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6786

Actions (login required)

View Item View Item