Pengembangan Bahan Ajar Fisika Dasar I Berbasis Komputer pada Mahasiswa Semester I Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Musamus Merauke.

BAHRI., SYAMSUL (2017) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Dasar I Berbasis Komputer pada Mahasiswa Semester I Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Musamus Merauke. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Articles.doc

Download (1MB)

ABSTRAK Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kevalidan; (2) menganalisis kepraktisan; (3) menganalisis efektivitas; dan (4) menganalisis hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan bahan ajar Fisika Dasar I pada Mahasiswa Semester I Jurusan Pendidikan Fisika Unmus. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semeseter I Jurusan Pendidikan Fisika yang berjumlah 31 orang dan dosen fisika yang berjumlah 5 orang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan instrumen tes hasil belajar. Proses analisis data dimulai dari hasil validasi penilaian pakar terhadap seluruh instrumen yang digunakan di dalam penelitian. Instrumen penelitian yang sudah valid diujicobakan pada mahasiswa dan dosen. Hasil validasi penilaian pakar dan hasil uji coba instrumen dianalisis dengan menggunakan uji Gregory. Selain analisis hasil validasi penilaian dan hasil ujicoba, juga dilakukan analisis terhadap hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan bahan ajar fisika dasar I berbasis komputer. Pengembangan bahan ajar ini dilakukan dengan 3 tahap utama, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Tahap-tahap tersebut terdiri atas analisis awal akhir, analisis mahasiswa, analisis materi, analisis tugas, spesifikasi tujuan, dan perancangan bahan ajar. Dari hasil validasi bahan ajar berbasis komputer diperoleh tingkat validitas sebesar 0,9 yang berarti bahan ajar ini valid dan dapat digunakan. Kepraktisan bahan ajar Fisika Dasar I dilihat dari respon dosen terhadap bahan ajar tersebut. Dari hasil analisis, diperoleh respon dosen terhadap bahan ajar Fisika Dasar I sebesar 84% yang berarti bahwa respon dosen sangat baik sehingga bahan ajar ini dapat dikatakan praktis. Keefektifan bahan ajar dapat dilihat dari hasil analisis respon mahasiswa terhadap bahan ajar tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa bahan ajar ini berada pada kategori baik dengan rata-rata respon mahasiswa sebesar 75%. Ketuntasan hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan bahan ajar Fisika Dasar I mencapai 97%, yaitu 7 orang dengan nilai A, 11 orang dengan nilai B dan 12 orang dengan nilai C. Adapun 1 orang yang tidak lulus karena memperoleh nilai D.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 05:35
Last Modified: 04 Apr 2018 05:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6774

Actions (login required)

View Item View Item