Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V SDN Lambongan Kabupaten Kepulauan Selayar

MULIANA, MASNA (2016) Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V SDN Lambongan Kabupaten Kepulauan Selayar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I - DAPUS.docx

Download (5MB)

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan dan penguasaan guru terhadap media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research & development). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan (1) Gambaran kebutuhan pengembangan multimedia interaktif pembelajaran IPA (2) Gambaran desain multimedia interaktif pada mata pelajaran IPA (3) Gambaran validitas dan kepraktisan pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran IPA. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang meliputi Analysis (analisis), Design (desain/perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi/umpan balik). Subyek dalam penelitian ini adalah satu orang ahli isi pelajaran, satu orang ahli media pembelajaran, satu orang guru dan 17 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan angket. Sedangkan instrumen pengumpulan data meliputi angket validasi ahli, angket tanggapan guru dan siswa, serta observasi aktivitas siswa. Data hasil penelitian dianalisa dengan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kebutuhan pengembangan multimedia interaktif diperoleh dari hasil analisis kurikulum, analisis karakteristik siswa, dan wawancara kepada guru sehingga ditetapkan materi cahaya dan sifat-sifatnya. (2) Desain multimedia interaktif meliputi penyusunan storyboard melalui analisis kebutuhan, penetapan materi, pengembangan naskah, dan pengembangan multimedia interaktif . (3) Hasil validitas isi berada pada kategori valid dan hasil pengujian lapangan berada pada kategori praktis. Hasil penelitian tersebut memiliki ketepatan isi dan memberikan kemudahan dalam penggunaan sesuai sasaran penelitian peserta didik. Dengan demikian produk multimedia interaktif dikategorikan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 04:18
Last Modified: 04 Apr 2018 04:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6771

Actions (login required)

View Item View Item