Hubungan Kecerdasan Interpersonal, Gaya Belajar dan Motivasi dengan Hasil Belajar Biologi Peserta didik SMA Negeri 1 Sangalla

HARDIANTI R, SITTI (2017) Hubungan Kecerdasan Interpersonal, Gaya Belajar dan Motivasi dengan Hasil Belajar Biologi Peserta didik SMA Negeri 1 Sangalla. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL - Copy.docx

Download (43kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (i) untuk mengukur kecerdasan interpersonal peserta didik SMA Negeri 1 Sangalla. (ii) untuk mengukur gaya belajar peserta didik peserta didik SMA Negeri 1 Sangalla. (iii) untuk mengukur motivasi belajar peserta didik SMA Negeri 1 Sangalla. (iv) untuk mengukur hasil belajar biologi peserta didik SMA Negeri 1 Sangalla. (v) untuk mengetahui kecerdasan interpersonal peserta didik kemudian menghubungkannya dengan hasil belajar biologi peserta didik SMA Negeri 1 Sangalla. (vi) untuk mengetahui gaya belajar peserta didik kemudian menghubungkannya dengan hasil belajar biologi peserta didik peserta didik SMA Negeri 1 Sangalla. (vii) untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik kemudian menghubungkannya dengan hasil belajar biologi peserta didik SMA Negeri 1 Sangalla. (viii) untuk mengetahui hubungan kecerdasan interpersonal,gaya belajar dan motivasi dengan hasil belajar biologi peserta didik SMA Negeri 1 Sangalla. P Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA Negeri 1 Sangalla, teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling dengan besaran sampel 198 peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji regresi dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) kecerdasan interpersonal peserta didik dominan di kategori sedang. (ii) gaya belajar peserta didik dominan pada gaya belajar visual. (iii) motivasi belajar peserta didik dominan di kategori sedang. (iv) terdapat hubungan signifikan (p < 0,05) antara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar peserta didik SMA Negeri 1 Sangalla. Koefisien korelasi (r) sebesar 0,605. (v) terdapat hubungan signifikan (p < 0,05) antara gaya belajar dengan hasil belajar peserta didik SMA Negeri 1 Sangalla. Koefisien korelasi (r) sebesar 0,691. (vi) terdapat hubungan signifikan (p < 0,05) antara motivasi dengan hasil belajar peserta didik SMA Negeri 1 Sangalla. Koefisien korelasi (r) sebesar 0,681. (vii) terdapat hubungan signifikan (p < 0,05) antara kecerdasan interpesonal, gaya belajar dan motivasi secara bersama-sama dengan hasil belajar biologi peserta didik SMA Negeri 1 Sangalla. Koefisien korelasi (r) sebesar 0,739.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 04:04
Last Modified: 04 Apr 2018 04:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6765

Actions (login required)

View Item View Item