Pengaruh Motivasi Berprestasi, Persepsi tentang Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru serta Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Majene.

MAHYUDDIN A,, MAHYUDDIN A, (2016) Pengaruh Motivasi Berprestasi, Persepsi tentang Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru serta Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Majene. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Mahyuddin A-13B07041.docx

Download (259kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi berprestasi siswa, persepsi siswa tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru, kedisiplinan siswa, hasil belajar matematika, pengaruh motivasi berprestasi siswa, gaya kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru terhadap hasil belajar matematika baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kedisiplinan siswa kelas X SMK Negeri 2 Majene. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK Negeri 2 Majene tahun pelajaran 2015/2016. Teknik penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan proporsional stratified random sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan inferensial metode SEM (Structural Equation Modeling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi berprestasi siswa kelas X SMK Negeri 2 Majene berada pada kategori tinggi, persepsi siswa tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah berada pada kategori sedang, persepsi siswa tentang kompetensi guru berada pada kategori tinggi, kedisiplinan siswa berada pada kategori tinggi dan hasil belajar matematika berada pada kategori sedang; (2) Motivasi berprestasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kedisiplinan siswa. (3) Persepsi siswa tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh tidak signifikan terhadap hasil belajar matematika, dan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika melalui kedisiplinan siswa, (4) Persepsi siswa terhadap kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kedisiplinan siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 03:57
Last Modified: 04 Apr 2018 03:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6763

Actions (login required)

View Item View Item