Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Resource Based Learning pada Peserta Didik Kelas X RPL 1 SMK Komputer Mutiara Ilmu Makassar

Nur’aeni, Nur’aeni (2015) Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Resource Based Learning pada Peserta Didik Kelas X RPL 1 SMK Komputer Mutiara Ilmu Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I - V.docx

Download (145kB)

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilatar belakangi oleh perlunya dilakukan pembaharuan dalam pengelolaan proses pembelajaran fisika sebagai respons semakin rendahnya hasil belajar peserta didik. Keterbatasan sumber belajar yang dimiliki oleh peserta didik menyebabkan sebagian guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pembelajaran tradisional. Keadaan tersebut potensial menimbulkan kejenuhan serta menurunkan motivasi belajar peserta didik yang akhirnya berefek terhadap hasil belajar peserta didik kelas X RPL 1 SMK Komputer Mutiara Ilmu Makassar sebanyak 34 orang Tahun ajaran 2014/2015. Untuk itu dilakukan tindakan dalam 2 siklus yaitu dengan menerapkan pembelajaran Resource Based Learning (RBL). Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar berupa tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Hasil analisis menunjukkan hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I rata-rata masih berkategori cukup dan tes hasil belajar fisika diperoleh skor rata-rata 63,97 dengan persentase peserta didik yang mencapai standar 61,67%, persentase ini masih dibawah persentase indikator keberhasilan yang diharapkan. Hal ini disebabkan sebagian peserta didik belum terbiasa dengan kondisi pembelajaran RBL Untuk itu pada siklus II dilakukan tindakan dengan memberi penjelasan kepada peserta didik tentang prinsip-prinsip pembelajaran RBL dengan mengarahkan peserta didik secara langsung berinteraksi dan memanfaatkan sumber-sumber belajar secara maksimal. Pada siklus II peserta didik sudah mulai memahami implementasi pembelajaran RBL dan mampu membangun kerjasama dalam kelompok sehingga menunjukkan hasil yang cukup memuaskan. Hal ini terlihat dari hasil observasi aktivitas peserta didik meningkat menjadi rata-rata berkategori sangat baik sedangkan hasil belajar fisika juga menunjukkan peningkatan dengan skor rata-rata 85,44 dengan persentase peserta didik yang mencapai standar 94,12%. Hasil analisis data observasi aktivitas dan hasil belajar pada pelaksanaan siklus II telah mengalami peningkatan dan indikator keberhasilan sudah tercapai maka penelitian ini dihentikan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan RBL dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika pada peserta didik kelas X RPL 1 di SMK Komputer Mutiara Ilmu Makassar Tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 03:54
Last Modified: 04 Apr 2018 03:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6761

Actions (login required)

View Item View Item