Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah, Keterampilan Proses Sains, dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP yang Diajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Direct Instruction

MUSTAQIMAH., NUR (2017) Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah, Keterampilan Proses Sains, dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP yang Diajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Direct Instruction. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL IMA.docx

Download (63kB)

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara peserta didik yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan yang diajar dengan Model Pembelajaran Direct Instruction; (ii) untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains antara peserta didik yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan yang diajar dengan Model Pembelajaran Direct Instruction; (iii) untuk mengetahui perbedaan sikap peduli lingkungan antara peserta didik yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan yang diajar dengan Model Pembelajaran Direct Instruction. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen bentuk Quasy Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rombongan belajar kelas VII, tahun ajaran 2016/2017 di SMPN 5 Sinjai Selatan, berjumlah 152 orang peserta didik yang terbagi dalam enam rombongan belajar, kemudian dilakukan pengambilan sampel secara acak dan terpilih dua rombongan belajar yang masing-masing berjumlah 25 orang, yaitu kelas VII A dan kelas VII E. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah, observasi keterampilan proses sains, dan angket sikap peduli lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah yang signifikan antara peserta didik yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan yang diajar dengan Model Pembelajaran Direct Instruction; (ii) terdapat perbedaan keterampilan proses sains yang signifikan antara peserta didik yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan yang diajar dengan Model Pembelajaran Direct Instruction; (iii) terdapat perbedaan sikap peduli lingkungan yang signifikan antara peserta didik yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan yang diajar dengan Model Pembelajaran Direct Instruction.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 03:47
Last Modified: 04 Apr 2018 03:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6758

Actions (login required)

View Item View Item