Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Pendekatan PAIKEM dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII9 SMP NEGERI 1 Makassar.

RUSLAN., RIZKA RIDHA (2017) Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Pendekatan PAIKEM dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII9 SMP NEGERI 1 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL RIZUKA.docx

Download (54kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) dengan pendekatan PAIKEM dalam pembelajaran matematika pada materi lingkaran siswa kelas VIII9 SMP Negeri 1 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design, yaitu One-Group Pretest Posttest Design. Penelitian melibatkan seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Makassar dan sampel yakni kelas VIII9 yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Kelas VIII9 diberi perlakuan yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan pendekatan PAIKEM. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi, dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar matematika siswa kelas VIII9 SMP Negeri 1 Makassar setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan pendekatan PAIKEM lebih dari 74,9 (KKM) berada pada kategori sedang dengan mean 76,15, peningkatan hasil belajar matematika (nilai gain) siswa kelas VIII9 SMP Negeri 1 Makassar signifikan dan berada pada kategori tinggi, hasil belajar matematika siswa kelas VIII9 SMP Negeri 1 Makassar setelah diajar menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan pendekatan PAIKEM mencapai ketuntasan klasikal, yakni hanya 87,2% (lebih dari 80%) standar deviasi 8,84, 2) aktivitas siswa pada pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan pendekatan PAIKEM berada pada kategori sangat aktif dengan skor rata-rata 4,54; dan 3) respons siswa pada pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan pendekatan PAIKEM berada pada kategori positif. Berdasarkan kriteria keefektifan, secara umum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan pendekatan PAIKEM efektif dalam pembelajaran matematika materi Lingkaran pada siswa kelas VIII9 SMP Negeri 1 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 03:37
Last Modified: 04 Apr 2018 03:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6754

Actions (login required)

View Item View Item