Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep, Pemecahan Masalah, dan Disposisi Matematik Siswa Kelas VIII MTs. As’adiyah Cabenge Kab. Soppeng.

MARHANI, MARHANI (2017) Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep, Pemecahan Masalah, dan Disposisi Matematik Siswa Kelas VIII MTs. As’adiyah Cabenge Kab. Soppeng. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (100kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan sebanyak tujuh kali pertemuan proses pembelajaran dan dua kali tes dan penelitian ini dilaksanakan di MTs. As’adiyah cabenge, yang bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran dan gambaran hasil belajar matematika pada kemampuan pemahaman konsep, kemampuan pemecahan masalah, dan disposisi Matematik siswa sebelum dan sesudah penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas VIII.1 MTs. As’adiyah Cabenge. Tehnik pengambilan data dalam penelitian ini adalah tehnik tes dan non tes. Tehnik tes berupa tes hasil belajar yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika yakni tes pemahaman konsep, tes pemecahan masalah, serta non tes berupa angket skala disposisi Matematik. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep, kemampuan pemecahan masalah mengalami peningkatan hal ini ditunjukkan dengan tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut: (i) adanya perubahan signifikan yang terjadi pada setiap tahapan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share; (ii) adanya peningkatan rata-rata hasil belajar kemamapuan pemahaman konsep secara signifikan dari 27,30 menjadi 93; (iii) adanya peningkatan rata-rata hasil belajar kemamapuan pemecahan masalah secara signifikan dari 27 menjadi 84,50; (iv) tercapainya ketuntasan belajar kemampuan pemahaman konsep siswa secara klasikal yakni 90%; (v) tercapainya ketuntasan belajar kemamapuan pemecahan masalah siswa secara klasikal yakni 85%; (vi) skala disposisi matematik siswa pada kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran model kooperatif tipe Think Pair Share sangat berpengaruh pada kemampuan pemahaman konsep, kemampuan pemecahan masalah, dan disposisi matematik siswa kelas VIII.1 MTs. As’adiyah cabenge. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif tipe think Pair share, pemahaman konsep , pemecahan masalah, dan disposisi matematik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 03:28
Last Modified: 04 Apr 2018 03:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6750

Actions (login required)

View Item View Item