Efektivitas pembelajaran berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa pada Mata Diklat Pemeliharaan Ayam Broiler di SMK Negeri 3 Enrekang.

JAERANI., JAERANI. (2017) Efektivitas pembelajaran berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa pada Mata Diklat Pemeliharaan Ayam Broiler di SMK Negeri 3 Enrekang. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL JAERANI.docx

Download (30kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran pretest dan posttest hasil belajar siswa untuk kelas dengan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) dan kelas dengan model pembelajaran ceramah; (2) gambaran gain hasil belajar ranah kognitif untuk kelas dengan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) dan kelas dengan model pembelajaran ceramah; (3) efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PBL) dibandingkan model pembelajaran ceramah untuk meningkatkan kemampuan kognitif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) hasil pretest kelas model pembelajaran Project Based Learning (PBL) termasuk kategori sedang dengan rata-rata sebesar 6,58, hasil termasuk kategori baik dengan rata-rata sebesar 7.97, sedangkan hasil pretest kelas model pembelajaran ceramah termasuk kategori sedang dengan rata-rata sebesar 6,06, hasil posttest termasuk kategori sedang dengan rata-rata sebesar 6,73; (3) gain hasil belajar ranah kognitif siswa kelas eksperimen termasuk dalam kategori sedang dengan skor rata-rata gain sebesar 0,38 dari nilai maksimal sebesar 1,00, gain hasil belajar ranah kognitif siswa kelas kontrol termasuk dalam kategori rendah dengan skor rata-rata gain sebesar 0,04; (3) model pembelajaran Project Based Learning (PBL) lebih efektif dibandingkan model pembelajaran ceramah untuk meningkatkan kemampuan kognitif dibuktikan hasil uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 2,777 dengan signifikansi 0,0017 (< 0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 02:04
Last Modified: 04 Apr 2018 02:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6734

Actions (login required)

View Item View Item