Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik yang Konstruktivis bernuansa Kearifan Lokal untuk Mata Pelajaran Fisika Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Dua Boccoe

MAHIR., MAHIR. (2017) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik yang Konstruktivis bernuansa Kearifan Lokal untuk Mata Pelajaran Fisika Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Dua Boccoe. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (309kB)

ABSTRAK Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah lembar kerja peserta didik yang konstruktivis bernuansa kearifan lokal untuk mata pelajaran fisika kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Dua Boccoe yang valid, praktis, dan efektif? Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik yang konstruktivis bernuansa kearifan lokal untuk mata pelajaran fisika kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Dua Boccoe yang valid menurut para ahli, praktis menurut praktisi dan respon pendidik serta peserta didik, dan efektif menurut pencapaian tujuan yang ditetapkan. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 3 orang peserta didik kelas XI IPA2 pada saat ujicoba I dan 6 orang peserta didik kelas XI IPA1 pada saat ujicoba II di SMA Negeri 1 Dua Boccoe. Hasil penelitian yang diperoleh dari analisis data, yaitu: (1) lembar kerja peserta didik yang konstruktivis bernuansa kearifan lokal dinyatakan valid berdasarkan penilaian ahli; dan (2) ujicoba I dan II menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik yang konstruktivis bernuansa kearifan lokal dinyatakan praktis berdasarkan penilaian praktisi terhadap keterlaksanaan dan pengelolaan lembar kerja peserta didik serta persentase respon positif peserta didik dan pendidik terhadap penggunaan lembar kerja; dan (3) lembar kerja peserta didik yang konstruktivis bernuansa kearifan lokal dinyatakan efektif berdasarkan skor hasil kerja peserta didik dan presentase penyelesaian lembar kerja peserta didik. Namun, pada proses ujicoba I masih terdapat beberapa saran dari para pengamat yang bersifat teknis dan perlu diperhatikan untuk meningkatkan kualitas kepraktisan pada pelaksaanaan ujicoba II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik yang konstruktivis bernuansa kearifan lokal untuk mata pelajaran fisika kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Dua Boccoe telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan dan diadaptasi oleh pendidik menjadi sistem pendukung dalam proses pembelajaran selanjutnya.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 01:49
Last Modified: 04 Apr 2018 01:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6731

Actions (login required)

View Item View Item