Pelaksanaan Monitoring Pembelajaran Pengawas Satuan Pendidikan Menengah Atas di Kabupeten Bulukumba

SYAM., A.NURSYAMSI (2017) Pelaksanaan Monitoring Pembelajaran Pengawas Satuan Pendidikan Menengah Atas di Kabupeten Bulukumba. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.docx

Download (38kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi tentang (i) pelaksanaan monitoring pembelajaran Pengawas Satuan Pendidikan Menengah Atas di Kabupaten Bulukumba pada aspek perencanaan, (ii) pelaksanaan monitoring pembelajaran Pengawas Satuan Pendidikan Menengah Atas di Kabupaten Bulukumba pada aspek pelaksanaan, dan (iii) pelaksanaan monitoring pembelajaran Pengawas Satuan Pendidikan Menengah Atas di Kabupaten Bulukumba pada aspek penilaian hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan subyek penelitian terdiri dari lima orang pengawas, empat orang Kepala Sekolah, dan lima orang guru. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu: wawancara, observasi, dokumentasi. Dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif yakni melalui tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh gambaran: (i) Pelaksanaan monitoring pembelajaran yang dilaksanakan oleh Pengawas Satuan Pendidikan menengah Atas di Kabupaten Bulukumba pada aspek perencanaan pembelajaran memonitoring komponen kelengkapan administrasi guru penerima tunjangan profesi. Kelengkapan administrasi yang dimiliki guru umumnya berada pada kategori baik. (ii) Persyaratan pelaksanaan pembelajaran terkait jumlah tatap muka/beban kerja guru merupakan fokus pelaksanaan monitoring pembelajaran pada aspek pelaksanaan sementara proses pembelajaran di kelas, dimonitoring dengan kesesuaian perangkat pembelajaran pada aspek perencanaan. Hasil monitoring menunjukkan sebagian besar guru SMAN di Kabupaten Bulukumba telah memenuhi jumlah 24 jam tatap muka, baik yang menduduki tugas tambahan ataupun yang mengambil tambahan jam di luar dari sekolah induknya. (iii) Perangkat penilaian meliputi penilaian kognitif, penilaian sikap, dan penilaian psikomotorik/keterampilan, merupakan komponen yang dimonitoring oleh pengawas pada aspek penilaian hasil belajar. Hasil monitoring secara umum menunjukkan bahwa perangkat penilaian guru berada pada kategori baik..

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 01:41
Last Modified: 04 Apr 2018 01:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6729

Actions (login required)

View Item View Item