Pembinaan Profesional Guru Oleh Pengawas Sekolah di SMA Negeri 2 Konawe Selatan

Maharyadi., Arya (2017) Pembinaan Profesional Guru Oleh Pengawas Sekolah di SMA Negeri 2 Konawe Selatan. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Tesis.docx

Download (54kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pembinaan profesional guru oleh pengawas sekolah dalam perencanaan pembelajaran di SMA Negeri 2 Konawe Selatan, (2) Pembinaan profesional guru oleh pengawas sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri 2 Konawe Selatan, dan (3) Pembinaan profesional guru oleh pengawas sekolah dalam pelaksanaan penilaian proses dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Konawe Selatan. Penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengawas sekolah, kepala sekolah, dan guru mata pelajaran SMA Negeri 2 Konawe Selatan. Prosedur pengumpulan dan perekaman data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif meliputi; kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pemeriksaan atau pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan melakukan (1) peningkatan ketekunan pengamatan, (2) triangulasi, dan (3) kecukupan referensial. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Pengawas bina di SMA Negeri 2 Konawe Selatan sudah melaksanakan tugas pembinaan dalam perencanaan pembelajaran, melalui pemantauan administrasi pembelajaran silabus dan RPP dan perencanaan penilaian. Akan tetapi dalam pelaksanaannya masih menggunakan model pengawasan konvensional (tradisional) karena yang dilakukan baru sebatas pemantauan selanjutnya mengkoreksi kesalahan-kesalahan yang ditemukan. (2) Pengawas bina di SMA Negeri 2 Konawe Selatan sudah melakukan tugas pembinaannya dalam aspek pelaksanaan pembelajaran mulai dari melakukan pemantauan pembelajaran yang meliputi kegiatan ; pertemuan pra pembelajaran, pemantauan pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan pertemuan pasca pembelajaran. (3) Pengawas bina di SMA Negeri 2 Konawe Selatan belum melakukan pembinaan yang lebih intensif dalam pelaksanaan penilaian, pengawas baru sebatas memberikan informasi pada saat kegiatan pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru. Dalam hal ini belum ada tindak lanjut berupa pendampingan pada saat penyusunan instrumen penilaian, sementara masih banyak guru yang belum memiliki kompetensi yang memadai dalam mengembangkan instrumen penilaian yang relevan dengan tujuan dan materi pelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 01:33
Last Modified: 04 Apr 2018 01:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6728

Actions (login required)

View Item View Item