HALIJAH., HALIJAH. (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Paccinang Kecamatan Panakukang Kota Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.
Text
PENDAHULUAN ARTIKEL.docx Download (82kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui dan menjelaskan penerapan model pembelajaran problem solving dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Paccinang Kecamatan Panakukang Kota Makassar, (2) mengetahui dan menjelaskan hasil belajar IPS siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran problem solving di kelas IV SD Negeri Paccinang Kecamatan Panakukang Kota Makassar, dan (3) mengetahui dan menjelaskan pengaruh model pembelajaran problem solving dalam pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Paccinang Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimen) dengan desain penelitian Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Paccinang tahun pelajaran 2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling yaitu teknik pengambilan sampel secara sederhana dilakukan secara acak, sehingga kelas IVA sebagai kelas eksperimen (model pembelajaran problem solving) dan kelas IVB sebagai kelas kontrol (pembelajaran ekspositori). Instrument penelitian yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes objektif yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan observasi langsung, dan data dianalisis dengan mengggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Analisis data menggunakan uji statistik Independent Samples T-test dengan program software SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Paccinang yang terdiri dari tahap orientasi, identifikasi masalah, alternatif pemecahan masalah, menilai alternatif pemecahan masalah, dan menarik kesimpulan berada pada ketegori baik, (2) hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Paccinang sebelum diterapkan model pembelajaran problem solving berada pada kategori “sangat rendah” dengan skor rata-rata sebesar 24,06. Sedangkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Paccinang setelah diterapkan model pembelajaran problem solving mengalami peningkatan berada pada kategori “sedang” dengan skor rata-rata sebesar 75,94, dan (3) penerapan model pembelajaran problem solving berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa di kelas IV SD Negeri Paccinang Kecamatan Panakukang Kota Makassar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2 PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2 PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2 PASCASARJANA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 04 Apr 2018 01:20 |
Last Modified: | 04 Apr 2018 01:20 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6726 |
Actions (login required)
View Item |