Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe Two Stay–Two Stray terhadap Hasil Belajar Matematika dan Kepercayaan Diri Siswa

Ratnasari, Desi (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe Two Stay–Two Stray terhadap Hasil Belajar Matematika dan Kepercayaan Diri Siswa. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
skripsi indo.docx

Download (669kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe Two Stay-Two Stray terhadap hasil belajar matematika dan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan nonequivalent group pretest-posttets design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Makassar. Pemilihan sampel penelitian dilakukan secara acak. Sampel penelitian yaitu kelas X AP 3 dan X AK 2. Pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw diterapkan di kelas X AP 3 dan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS diterapkan di kelas X AK 2. Proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe TS-TS dalam pembelajaran matematika pokok bahasan Statistika terlaksana dengan baik, aktivitas siswa dalam pembelajaran berada pada kategori sangat baik dan siswa memberikan respons positif setelah pembelajaran sangat baik. Uji keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif menggunakan kriteria keefektifan yang ditetapkan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw tidak efektif dalam pembelajaran matematika karena tidak memenuhi indikator hasil belajar dan kepercayaan diri siswa; (2) model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS tidak efektif dalam pembelajaran matematika karena tidak memenuhi indikator kepercayaan diri; (3) sesuai dengan tipe model pembelajaran kooperatif yang diterapkan dalam penelitian ini disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tidak efektif dalam pembelajaran matematika pokok bahasan Statistika kelas X SMKN 1 Makassar; (4) terdapat perbedaan hasil belajar matematika dan kepercayaan diri siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe TS-TS pada kelas X SMK Negeri 1 Makassar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 01:20
Last Modified: 04 Apr 2018 01:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6725

Actions (login required)

View Item View Item