Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk (Kecerdasan Visual Spasial Matematis dan Kecerdasan Logis Matematis) pada Siswa Kelas X Khusus SMA Negeri 3 Sengkang.

AMRI, ASMAUL HUSNAH (2017) Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk (Kecerdasan Visual Spasial Matematis dan Kecerdasan Logis Matematis) pada Siswa Kelas X Khusus SMA Negeri 3 Sengkang. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian penelitian mix method dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logis matematis. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang siswa kelas X Khusus SMA Negeri 3 Sengkang, yang terdiri dari satu siswa KVTLT, satu siswa KVTLS, satu siswa KVSLT dan satu siswa KVSLS. Data diperoleh dari pemberian wawancara berbasis tes. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil uji hipotesis korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan visual spasial dengan hasil pemecahan masalah matematika siswa kelas X Khusus SMA Negeri 3 Sengkang 2) Hasil uji hipotesis korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan logis matematis dengan hasil pemecahan masalah matematika siswa kelas X Khusus SMA Negeri 3 Sengkang. 3) Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa KVTLT adalah: a) tahap memahami masalah melibatkan kecerdasan logis matematisnya yaitu pengetahuan matematika yang dimiliki, b) tahap merencanakan penyelesaian yaitu dalam menghubungkan informasi (fakta) yang diketahui menuju penafsiran dalam bentuk gambar dengan melibatkan kecerdasan visual spasialnya yaitu kemampuan mentransformasi dan memodifikasi pengalaman visual kemudian mengintegrasikan dengan kecerdasan logis matematisnya yaitu pengetahuan matematika yang dimiliki, c) tahap menyelesaikan masalah melibatkan kecerdasan logis matematisnya yaitu pengetahuan matematika yang dimiliki dalam merepresentasikan hubungan spasial antara dua objek dalam ruang dengan memanipulasi secara kognitif dan mengintegrasikan kemampuan bekerja dengan angka, simbol-simbol dan penalaran logis. 4) Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa KVTLS adalah: a) tahap memahami masalah dalam mengumpulkan informasi secara utuh mulai dari hal-hal yang diketahui sampai yang ditanyakan dengan melibatkan kecerdasan logis matematisnya yaitu pengetahuan matematika yang dimiliki, b) tahap merencanakan penyelesaian dalam membangun konsep subjek melibatkan kecerdasan visual spasialnya yaitu kemampuan mentransformasi pengalaman visualnya kemudian mengintegrasikan dengan kecerdasan logis matematisnya (penalaran analitis), c) tahap menyelesaikan masalah melibatkan kecerdasan logis matematisnya yaitu pengetahuan matematika yang dimiliki dan kecakapan bekerja dengan simbol-simbol (operasi bilangan). 5) Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa KVSLT adalah: a) tahap memahami masalah dalam mengolah informasi secara utuh mulai hal-hal yang diketahui sampai yang ditanyakan dengan melibatkan pengetahuan matematika (kecerdasan logis matematis), b) tahap merencanakan penyelesaian melibatkan kecerdasan logis matematisnya (penalaran analitis) kemudian mengintegrasikan dengan kecerdasan visual spasialnya yaitu kemampuan mentransformasi dan memodifikasi pengalaman visual serta pengetahuan matematika yang dimiliki, c) tahap menyelesaikan masalah melibatkan pengetahuan matematikanya dalam merepresentasikan hubungan spasial antara dua objek dalam ruang dengan memanipulasi secara kognitif serta kecakapan bekerja dengan simbol-simbol (operasi bilangan) dan penalaran logis. 6) Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa KVSLS adalah: a) tahap memahami masalah dalam mengumpulkan informasi secara utuh mulai dari hal-hal yang diketahui sampai yang ditanyakan dengan melibatkan kecerdasan logis matematisnya yaitu pengetahuan matematika yang dimiliki, b) tahap merencanakan penyelesaian melibatkan kecerdasan visual spasialnya yaitu kemampuan mentransformasi pengalaman visual, penalaran analitis dan penalaran logis, c) tahap menyelesaikan masalah melibatkan kecerdasan logis matematisnya yaitu kecakapan bekerja dengan angka-angka dan simbol-simbol, serta penalaran logis.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
SENI DAN DESAIN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 01:11
Last Modified: 04 Apr 2018 01:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6724

Actions (login required)

View Item View Item