Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) and Give Question Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Pemecahan Masalah Matematika, Komunikasi Matematika, dan Keterlibatan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar

SESA, RISTA (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) and Give Question Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Pemecahan Masalah Matematika, Komunikasi Matematika, dan Keterlibatan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Rista Sesa (15B07094) Pendidikan Matematika.docx

Download (56kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika, pemecahan masalah matematika, komunikasi matematika, dan keterlibatan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) and Give Question dengan yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental (Eksperimen Semu) dengan rancangan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini melibatkan dua kelas yakni kelas VIII7 sebagai kelas eksperimen (model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) and Give Question) yang terdiri dari 39 siswa dan kelas VIII8 sebagai kelas kontrol (model pembelajaran konvensional) yang terdiri dari 38 siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep, kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematika, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial (One-Way Manova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) and Give Question dengan konvensional, (2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) and Give Question dengan konvensional, (3) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) and Give Question dengan konvensional, dan (4) terdapat perbedaan keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) and Give Question dengan konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 00:50
Last Modified: 04 Apr 2018 00:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6718

Actions (login required)

View Item View Item