Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournamen (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Kampoeng Implementasi Program Maccini Makassar

YUSUF, NUUR FAISYAH (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournamen (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Kampoeng Implementasi Program Maccini Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL NUNU-1.docx

Download (86kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (i) Untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa Kelas V di SDN KIP Maccini Makassar yang diajar dengan Model Ekspositori (ii) Untuk mengetahui Hasil belajar IPS siswa Kelas V di SDN KIP Maccini Makassar yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournamen; (iii) Untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Ekspositori dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournamen dalam Mata Pelajaran IPS Kelas V di SDN KIP Maccini Makassar. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen dengan desain pretest-possttest control group design. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes hasil belajar. Populasinya adalah seluruh siswa SD KIP Maccini yang berada di Kelas V Kecamatan Makassar Kota Makassar semester ganjil Tahun Ajaran 2016 yang berjumlah 64 orang siswa. Teknik penyampelan yang digunakan adalah purposive sampling sehingga Kelas VA dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 31 orang dan Kelas VB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 31 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Interaksi dalam kegiatan belajar dengan model pembelajaran ekspositori pada permulaan siswa masih belum bisa sepenuhnya aktif dan masih banyak siswa yang kurang memperhatikan penjelasan guru. Dengan diadakan perbaikan pada tindakan siswa mulai aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan bimbingan guru seperlunya saja. Hasil belajar pretest sebelum diajar dengan model pembelajaran ekspositori dikategorikan rendah dengan nilai rata-rata 45,95 dibawah nilai KKM sedangkan setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori masih dikategorikan rendah dengan nilai rata-rata 60,8 dibawah nilai KKM. Hasil belajar pre tes kelompok eksperimen sebelum diajar dengan model kooperatif tipe Team Games Tournamen dikategorikan rendah dengan nilai rata-rata 46,3 dibawah nilai KKM sedangkan setelah diberikan perlakuan dikategorikan tinggi dengan nilai rata-rata 78,25 yaitu berada di atas nilai KKM. Terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Ekspositori dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournamen dalam Mata Pelajaran IPS Kelas V di SD Negeri Kampoeng Implementasi Program Maccini Makassar yaitu dengan nilai thitung = 6,956 > ttabel = 2,0003.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 00:18
Last Modified: 04 Apr 2018 00:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6715

Actions (login required)

View Item View Item