Efektifitas Media Power Point pada Materi Sistem Pencernaan Makanan terhadap Minat, Aktivitas, dan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas XI IPA SMA Negeri 19 Bulukumba.

SULAEHA., SULAEHA. (2017) Efektifitas Media Power Point pada Materi Sistem Pencernaan Makanan terhadap Minat, Aktivitas, dan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas XI IPA SMA Negeri 19 Bulukumba. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL SULAEHA.docx

Download (65kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas media power point terhadap minat aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan makanan di kelas XI IPA SMA Negeri 19 Bulukumba. Penelitian ini merupakan penelitian praeksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 19 Bulukumba dengan subjek penelitian adalah peserta didik di kelas XI IPA pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 23 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket minat belajar lembar observasi aktivitas peserta didik, dan tes pratest posttest untuk hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda, Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase minat, aktivitas dan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari pretest ke posttest. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas data dari hasil pretest dan posttest diketahui bahwa penyebaran skor pretests dan posttest berdistribusi normal dan bersifat homogen. sehingga untuk menguji perbedaan rerata skor pretests dan posttest digunakan uji statistik parametrik uji t sampel berpasangan (Paired sample t-test) dengan bantuan program SPSS 17.0, dengan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media power point terhadap minat, aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan data nilai pretest dan posttest pada kelas XI IPA diperoleh nilai gain ternormalisasi untuk minat belajar adalah sebesar 0.1, untuk aktivitas belajar adalah 0.30 dan untuk nilai hasil belajar adalah 0,54. Nilai tersebut diinterpretasikan ke dalam kriterium nilai <g>, diperoleh efektivitas media pembelajaran power point untuk minat belajar berada pada pada kategori rendah, untuk aktivitas belajar dan hasil belajar berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 00:17
Last Modified: 04 Apr 2018 00:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6714

Actions (login required)

View Item View Item