Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Pencernaan Makanan bagi Siswa SMA

Silaturrahmi, Silaturrahmi (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Pencernaan Makanan bagi Siswa SMA. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL SILATURRAHMI.docx

Download (56kB)

ABSTRAK Rendahnya hasil belajar peserta didik serta kurangnya peserta didik yang aktif dalam proses pembelajaran merupakan masalah tersendiri bagi dunia pendidikan. Suatu inovasi pembelajaran yang menarik untuk diterapkan dalam pembelajaran biologi dengan melalui biologi berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing. Pelaksanaan proses pembelajaran harus didukung oleh perangkat yang sesuai. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan produk pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi sistem pencernaan makanan bagi siswa SMA. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini mencakup RPP, buku peserta didik, LKPD, dan THB dan dikembangkan berdasarkan model 4-D dengan merujuk pada tiga syarat kualitas yaitu valid, praktis, dan efektif. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D yang meliputi 4 tahap, yaitu: (a) Tahap pendefinisian (define), (b) tahap perancangan (design), (c) tahap pengembangan (develop), dan (d) tahap penyebaran (disseminate). (2) Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini valid, praktis dan efektif. (a) Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Peserta didik, Lembar kerja Peserta Didik (LKPD) dan tes hasil belajar dikategorikan “Sangat Valid” (b) Praktis, berdasarkan hasil pengamatan oleh observer bahwa perangkat pembelajaran terlaksana seluruhnya pada saat uji coba, secara keseluruhan respon guru berada dalam kategori sangat baik atau sangat positif dan (c) efektif, telah memenuhi tiga kriteria yaitu ketuntasan belajar secara klasikal tercapai, aktivitas siswa efektif dan respon terhadap pembelajaran positif, dan kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 00:11
Last Modified: 04 Apr 2018 00:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6713

Actions (login required)

View Item View Item