Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle (IOC) pada Materi Logaritma dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X MAN 1 Makassar.

Ismail.M, Nur (2014) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle (IOC) pada Materi Logaritma dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X MAN 1 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ISMAIL M. NUR.docx

Download (16kB)

ABSTRAK ISMAIL M. NUR, 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle (IOC) pada Materi Logaritma dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X MAN 1 Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Dr. Muhammad Darwis M, M.Pd. dan Dr. Rahmat Syam, S.T., M.Kom.Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui; (1) hasil belajar, aktivitas dan respons siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe IOC; (2) hasil belajar, aktivitas dan respons siswa terhadap model pengajaran langsung; (3) efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe IOC; (4) efektivitas model pengajaran langsung; (5) apakah model pembelajaran kooperatif tipe IOC lebih efektif daripada model pengajaran langsung pada siswa kelas X MAN 1 Makassar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Makassar dan sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas XE sebagai kelas eksperimen dan kelas XF sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri atas data hasil belajar siswa, aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran. Data aktivitas dan respons siswa dianalisis menggunakan persentase, sedangkan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen berada pada kategori tinggi dengan mean 78,82 dan standar deviasi 10,09779, tingkatketuntasan secara klasikal sebesar 77,27%, rata-rata gain ternormalisasi berada pada kategori tinggi, serta aktivitas dalam pembelajaran minimal berada pada kategori Sangat Baik dan respons siswa terhadap perangkat dan pembelajarannya adalah positif. Secara umum disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe IOC efektif untuk diterapkan di kelas X MAN 1 Makassar dengan kategori Cukup Efektif. Hasil belajar matematika siswa pada kelas kontrol berada pada kategori tinggi dengan mean 79,41 dan standar deviasi 12,28882, tingkatketuntasan secara klasikal sebesar 77,27%, rata-rata gain ternormalisasi berada pada kategori tinggi, serta aktivitas dalam pembelajaran minimal berada pada kategori Sangat Baik dan respons siswa terhadap perangkat dan pembelajarannya adalah positif. Secara umum disimpulkan bahwa model pengajaran langsung efektif untuk diterapkan di kelas X MAN 1 Makassar dengan kategori Cukup Efektif.Hasil uji hipotesis pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan uji-t menunjukkan bahwa model pembelajarn kooperatif tipe IOC sama efektif dengan model pengajaran langsung di kelas X MAN 1 Makassar. Kata Kunci:Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Inside-outside Circle(IOC), Model Pengajaran Langsung, Pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:41
Last Modified: 29 Apr 2016 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/671

Actions (login required)

View Item View Item