Pengembangan Program Gugus Sekolah Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Gugus SDN 3 Sinjai Utara

Ati, Hj. Mas (2016) Pengembangan Program Gugus Sekolah Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Gugus SDN 3 Sinjai Utara. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah: Bagaimana tingkat kebutuhan dan desain pengembangan program gugus sekolah berbasis teknologi informasi dan komunikasi pada gugus SDN 3 Sinjai Utara, beserta tingkat validitas dan kepraktisannya. Penelitian pengembangan ini 4-D (Four D Models) menggunakan model Thiagarajan dan Semmel (1974), yang diadaptasi menjadi tiga tahap 3-D (Four D Models). Ketiga tahap tersebut adalah tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), dan tahap pengembangan (Develop). Subjek penelitian ini adalah semua peserta gugus berjumlah 62 orang guru, yang merupakan perwakilan dari delapan sekolah peserta gugus SDN 3 Kabupaten Sinjai Utara. Hasil penelitian ini adalah: 1) Tahap pendefinisian (define) yaitu melalui: tahap analisis awal-akhir berupa tidak optimalnya pelaksanaan program gugus secara klasikal sehingga membutuhkan program yang dikemas dalam bentuk e-learning. Analisis tujuan program berupa peningkatan kompetensi profesional guru. Analisis guru (peserta program gugus) berupa karakteristik guru yang sudah mampu menggunakan komputer dan perangkatnya. Analisis materi: mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai kurikulum 2013, yang sesuai dengan tugas peserta dalam mengembangakan setiap perangkat secara on-line, dan evaluasi yang diberikan para tentor melalui program gugus berbasis teknologi informasi. 2) Tahap desain melalui empat langkah, yaitu: a) pemilihan media (media selection) yang sesuai dengan karakteristik tujuan dan materi program gugus, b) pemilihan format (format selection), yakni mengkaji format-format menu yang ada dan menetapkan format materi yang akan dikembangkan, c) membuat rancangan awal (initial design) sesuai format yang dipilih. 3) Kevalidan program memenuhi kriteria valid didasarkan pada rasional teori yang dibangun dan hasil analisis data yang diperoleh dari dua orang validator. Kepraktisan program memenuhi kriteria praktis, didasarkan pada rasional teori yang dibangun dan hasil analisis data yang diperoleh dari pengguna, yakni respon positif oleh peserta program gugus setelah mengikuti seluruh rangkaian penggunaan program.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 08:23
Last Modified: 03 Apr 2018 08:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6702

Actions (login required)

View Item View Item