Perbandingan Penggunaan Audio Visual dan Media Gambar dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi Bugis pada Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 3 Sibulue Kabupaten Bone

HASLINA, HASLINA (2017) Perbandingan Penggunaan Audio Visual dan Media Gambar dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi Bugis pada Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 3 Sibulue Kabupaten Bone. S1 thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BUGIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SIBULUE KABUPATEN BONE.pdf

Download (2MB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan penggunaan media audio visual dan media gambar dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Saibulue Kabupaten Bone. Secara khusus bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penggunaan media gambar dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi bugis pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sibulue Kabupaten Bone (2) mendeskripsikan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi bugis pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sibulue Kabupaten Bone (3) untuk membuktikan adanya perbedaan penggunaan media audio visual dan media gambar dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi bugis pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sibulue Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sibulue Kabupaten Bone dengan jumlah siswa 79 orang. Jumlah tersebut terbagi atas 4 kelas. Data penelitian ini merupakan data yang diperoleh dari hasil kerja siswa menulis puisi dengan menggunakan media audio visual dan media gambar. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan analisis statistik yaitu digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t.Hasil penelitian ini menunjukan terdapat perbedaan kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sibulue Kabupaten Bone menulis puisi bugis dengan menggunakan media audio visual berada pada kategori tinggi. Hal ini dinyatakan berdasarkan hasil secara keseluruhan yang memperoleh nilai 75 – 100 yaitu 16 orang (72.5 %) dari 20 jumlah siswa. Sedangkan siswa yang menulis puisi Bugis dengan menggunakan media gambar dikategorikan sedang, hal ini dinyatakan berdasarkan hasil keseluruhan yang memperoleh nilai 75-100 yaitu 5 orang (22.7 %) dari 18 siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Divisions: Dewey Decimal Classification > FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 07:47
Last Modified: 03 Apr 2018 07:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6692

Actions (login required)

View Item View Item