Deskripsi Partisipatif Mengajar di Daerah 3T Bagi Sarjana Pendidikan Matematika yang Mengikuti Program SM-3T

Imam, Rahmanto (2014) Deskripsi Partisipatif Mengajar di Daerah 3T Bagi Sarjana Pendidikan Matematika yang Mengikuti Program SM-3T. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Imam Rahmanto.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskripstif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat partisipasi sarjana pendidikan matematika dalam mengikuti program SM-3T (Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal). Dalam penelitian ini dihimpun proses belajarmengajar yang terjalin antara guru dan siswa di daerah 3T. Seberapa kuat pengaruh program SM-3T dalam membangun minat para sarjana pendidikan matematika untuk kembali mengajar di daerah 3T. Penelusuran terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi mengajar di daerah 3T ini dimulai dari identifikasi kemauan/ usaha, keterlibatan, inisiatif dan kemandirian, serta komitmen para sarjana Pendidikan Matematika. Beberapa faktor terkait individu juga mempengaruhi, seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan dan penghasilan, serta lamanya tinggal. Subjek penelitian ini merupakan alumni program SM-3T angkatan II program studi Pendidikan Matematika yang terdiri dari 25 responden. Pengumpulan data penelitian diawali dengan pembagian kuesioner berisi pertanyaan terbuka (asking open question). Selanjutnya, penggalian data lebih jauh tentang motivasi dan kehidupan subjek penelitian di daerah 3T dilakukan melalui proses wawancara mendalam. Pengolahan data dilakukan dengan mengkaji dokumentasi data laporan, berita dan hasil observasi wawancara mendalam dengan narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para sarjana pendidikan matematika tertarik mengikuti program SM-3T karena didorong oleh keinginan berprofesi sebagai guru. Di samping memperkaya pengalaman mengajar, program SM-3T membuka peluang profesi guru yang lebih menjanjikan melalui program lanjutannya, yakni Pendidikan Profesi Guru (PPG). Proses belajar-mengajar yang terjalin di daerah 3T membangun antusiasme belajar yang tinggi bagi muridmuridnya. Hasil yang diperoleh dari penelitian juga menunjukkan keinginan yang masih ragu-ragu bagi para sarjana Pendidikan Matematika untuk melanjutkan kembali profesi guru di daerah-daerah 3T, jika tak dilandasi jaminan kesejahteraan yang lebih baik dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Kata Kunci : Daerah 3T, Partisipasi Mengajar, Sarjana Pendidikan Matematika, SM-3T

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:41
Last Modified: 29 Apr 2016 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/669

Actions (login required)

View Item View Item