Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Kemampuan Bercerita dalam Bahasa Bugis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sinjai Timur

Irfan, Irfan (2017) Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Kemampuan Bercerita dalam Bahasa Bugis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sinjai Timur. S1 thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
IRFAN Nim 1555045036.pdf

Download (12MB) | Preview

ABSTRAK Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1.Bagaimanakah kemampuan bercerita sebelum menggunakan media gambar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sinjai Timur? 2.Bagaimanakah kemampuan bercerita sesudah menggunakan media gambar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sinjai Timur? 3.Apakah penggunaan media gambar berpengaruh dalam pembelajaran kemampuan bercerita bahasa Bugis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sinjai Timur? Penelitian ini termasuk jenis penelitian pre-eksperimental designs dengan metode one group pre-test-post-test design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sinjai Timur di Kabupaten Sinjai tahun ajaran 2017/2018. Dalam penelitian ini ditetapkan jumlah sampel sebanyak 16% dari jumlah populasi atau 16% dari 105. Jadi, jumlah sampel yang ditetapkan adalah 17 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan sampel acak berimbang (proporsional random sample) dengan pertimbangan bahwa sampel mempunyai sifat yang sama. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes awal (pre-test) dan tes akhir (pos-test). Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistika inferensial dengan bantuan komputer dengan program Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 22. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Kemampuan bercerita sebelum menggunakan media gambar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sinjai Timur secara umum dikategorikan sangat rendah dan tidak mampu. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa hanya menyentuh pada angka 50,8235. 2)Kemampuan bercerita sesudah menggunakan media gambar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sinjai Timur dikategorikan cenderung sedang atau mampu. Hal ini dibuktikan nilai rata-rata yang diperoleh siswa menyentuh pada angka 76,4706. 3)Pengaruh pembelajaran kemampuan bercerita bahasa Bugis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sinjai Timur menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terkait hasil belajar terutama kemampuan bercerita dalam bahasa Bugis menggunakan media gambar Hal ini terbukti bahwa signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05), maka hipotesis (Ha) dalam penelitian ini dinyatakan diterima. Artinya, bahwa variabel penggunaan media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan bercerita siswa sebelum menggunakan media dengan sesudah menggunakan media gambar pada siswa SMP Negeri 4 Sinjai Timur di kabupaten Sinjai.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 07:39
Last Modified: 03 Apr 2018 07:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6688

Actions (login required)

View Item View Item