Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dan Hubungannya dengan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bajeng. Program Studi Pendidikan Matematika (ICP), Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar

ARFAH, ARFAH (2017) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dan Hubungannya dengan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bajeng. Program Studi Pendidikan Matematika (ICP), Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Article.docx

Download (57kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa baik secara tertulis maupun lisan serta untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMA negeri 1 Bajeng. Komunikasi matematis adalah proses interaksi sosial yang melibatkan proses bertukar dan merefleksi informasi, ide, dan pemahaman matematis antara satu orang dengan orang lain. Adapun Ghazali dan Zakaria (2011) mendefinisikan pemahaman konseptual matematika sebagai pengetahuan yang melibatkan pemahaman dari konsep yang paling bawah dan dasar disamping algoritma yang dijalankan dalam matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain metode penelitian gabungan (Mixed method) dengan model eksploratoris sekuensial. Kemampuan komunikasi diukur dengan menggunakan instumen tes, dan non tes dengan indikator khusus mengukur kemampuan komunikasi matematis. Adapun kemampuan pemahaman konsep digunakan instrumen tes. Subjek penelitian ini untuk fase analisis kualitatif terdiri dari empat orang yang mewakili tingkat kekmampuan komunikasi matematis, yaitu sangat rendah (VL), rendah (L), baik (H), sangat tinggi (VH). Hasil penelitian ini menunjukkan letak kekurangan dan kelebihan siswa dalam melakukan komunikasi matematis pada setiap tingkat kemampuan komunikasi matematis. Selain itu diperoleh bahwa tdak terdapat hubungan antara tingkat kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMA N 1 Bajeng Kata Kunci: Komunikasi matematis, Pemahaman konsep matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 07:31
Last Modified: 03 Apr 2018 07:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6685

Actions (login required)

View Item View Item