Pengembangan Media Kartu Matematika Dalam Pembelajaran Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas V SDN 47 Joalampe Kabupaten Sinjai

Ratmiati, Ratmiati (2016) Pengembangan Media Kartu Matematika Dalam Pembelajaran Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas V SDN 47 Joalampe Kabupaten Sinjai. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.doc

Download (65kB)

Abstract

ABSTRAK Masalah penelitian ini adalah belum tersedianya media kartu matematika yang dapat membantu siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Masalah tersebut diupayakan pemecahannya melalui kajian pengembangan dengan tujuan: mengidentifikasi gambaran kebutuhan media kartu matematika dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, mengetahui gambaran desain pengembangan media kartu matematika dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, mengetahui gambaran kevalidan dan kepraktisan media kartu matematika dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Prosedur pengembangan mengacu pada model ADDIE, subjek penelitian adalah seorang ahli isi, seorang ahli media, 2 orang guru dan 30 orang siswa kelas V SDN 47 Joalampe. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, dokumentasi dan tes hasil belajar. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan uji statistik deskriptif. Hasil pengembangan media kartu matematika dan perangkat pembelajaran memenuhi kategori sangat valid. Hasil penelitian tersebut secara umum menunjukkan gambaran kebutuhan pengembangan media kartu matematika berdasarkan hasil analisis kebutuhan terhadap pelaksanaan pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat diperoleh gambaran bahwa penggunaan media pembelajaran yang belum optimal dan pembelajaran cenderung didominasi oleh guru sehingga membuat siswa merasa jenuh dan pasif dalam belajar, desain media kartu matematika dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat merupakan media yang masih bersifat sementara, namun melalui tahapan desain media pembelajaran hingga didesain membentuk bentuk aslinya (prototype). Adapaun prototype yang dihasilkan meliputi: a) media kartu matematika, b) buku pentunjuk media kartu matematika, c) materi, d) Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), e) Angket respon siswa, dan angket respon guru, gambaran kevalidan dan kepraktisan media kartu matematika dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas V SDN 47 Joalampe Sinjai menunjukkan kevalidan dan kepraktisan. Berdasarkan hasil penelitian ini kiranya para guru dan tenaga pendidikan lainnya dapat menggunakan media kartu matematika untuk keperluan pembelajaran pada murid sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 07:02
Last Modified: 03 Apr 2018 07:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6673

Actions (login required)

View Item View Item