Penerapan Metode Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII.I SMP Negeri 1 Takalar. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS. Jurusan IPS. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Makassar.

ICHSAN, MULIAWAN (2013) Penerapan Metode Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII.I SMP Negeri 1 Takalar. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS. Jurusan IPS. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
ICHSAN MULIAWAN. 2013..docx

Download (12kB)

ABSTRAK ICHSAN MULIAWAN. 2013. Penerapan Metode Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII.I SMP Negeri 1 Takalar. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS. Jurusan IPS. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan metode teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas VIII.I SMP Negeri 1 Takalar tahun pelajaran 2013/2014 dengan subjek penelitian sebanyak 40 orang siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket motivasi belajar IPS siswa dan lembar observasi dengan menerapkan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Mengelompokkan siswa dimana setiap kelompok atau tim terdiri dari 3 – 4 orang. (2) Memberikan motivasi kepada siswa dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan materi. (3) Membagikan bahan ajar berupa ringkasan materi dan lembar pertanyaan kepada tiap tim untuk didiskusikan. (4) Memberikan kesempatan kepada tiap tim mengajukan satu pertanyaan mengenai materi bahan ajar yang belum dipahami. (5) Memberikan penjelasan kepada tim yang bertanya. (6) Menguji pemahaman siswa dengan meminta siswa mengerjakan soal dalam batas waktu tertentu dengan memisahkan diri dari timnya. (7) Membahas soal dengan menunjuk siswa yang kurang aktif untuk naik mengerjakan di papan tulis. (8) Meminta siswa memeriksa pekerjaan temannya yang bukan anggota timnya. (9) Memberikan pujian kepada tim yang menjuarai turnamen dan memberikan sanksi kepada tim yang kalah. Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut, maka dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas VIII.I SMP Negeri 1 Takalar, hal ini dapat dilihat dari peningkatan skor motivasi belajar siswa dari 74,45% menjadi 79,42%. Selain itu, keaktifan siswa pada saat proses pembelajaran juga mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:40
Last Modified: 29 Apr 2016 06:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/666

Actions (login required)

View Item View Item