Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI SMA Negeri 15 Makassar Tahun Ajaran 2016/2017

NOVITASARI, ANDI FITIA (2017) Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI SMA Negeri 15 Makassar Tahun Ajaran 2016/2017. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
10. BAB I.docx

Download (31kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan emosional siswa kelas XI SMA Negeri 15 Makassar yang terdiri dari 1 orang siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi, 1 orang siswa yang memiliki kecerdasan emosional sedang, dan 1 orang siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen pertama dan instumen pendukung, yaitu angket kecerdasan emosional, tes kemampuan pemecahan masalah matematika, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: (1) siswa dengan kecerdasan emosional tinggi dapat menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam memahami masalah pada soal, dapat menentukan keterkaitan antara apa yang diketahui dan ditanyakan dalam tahap perencanaan penyelesaian masalah, dapat menyelesaikan masalah dengan langkah yang benar dan tepat, serta dapat menginterpretasikan hasil yang diperoleh dengan menulis kesimpulan. (2) siswa dengan kecerdasan emosional sedang dapat menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam memahami masalah pada soal, dapat menentukan keterkaitan antara apa yang diketahui dan ditanyakan dalam tahap perencanaan penyelesaian masalah dengan tepat, pada soal 1 subjek mampu menyelesaikan masalah dengan langkah yang benar dan tepat tetapi pada soal 2 subjek keliru pada saat melakukan perhitungan sehingga kurang mampu menyelesaikan dengan tepat, dapat menginterpretasikan hasil yang diperoleh dengan menulis kesimpulan meskipun pada soal 2 bukan merupakan solusi dari hasil yang diperoleh. (3) Kemampuan pemecahan masalah bagi siswa dengan kecerdasan emosional rendah: pada soal 1 subjek tidak menyebutkan semua hal yang diketahui tetapi subjek mampu menentukan hal yang ditanyakan, pada soal 2 subjek dengan tepat menetukan apa yang diketahui dan ditanyakan, kurang mampu menentukan keterkaitan antara apa yang diketahui dan ditanyakan, dapat menyelesaikan rencana yang dibuatnya, pada soal 1 subjek mampu menginterpretasikan hasil yang diperoleh dengan menulis kesimpulan tetapi pada soal 2 subjek tidak mampu menginterpretasikan hasil yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 06:10
Last Modified: 03 Apr 2018 06:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6656

Actions (login required)

View Item View Item