Pengaruh Teknik Sosiodrama dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Perilaku Prososial Siswa MAN Pangkep Kabupaten Pangkep

NURHIDAYA, SITTI (2017) Pengaruh Teknik Sosiodrama dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Perilaku Prososial Siswa MAN Pangkep Kabupaten Pangkep. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Siti Nurhidaya.doc

Download (180kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok terhadap peningkatan perilaku prososial siswa MAN Pangkep Kab. Pangkep, dengan sesi membantu orang lain untuk mau menolong, bekerjasama, jujur, dan empati kepada orang lain yang dilakukan dengan sukarela tanpa ada paksaan dari orang lain dan tidak mengharapkan imbalan apapun. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompk, (2) Untuk mengetahui gambaran perilaku prososial siswa sebelum dan sesudah perlakuan teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok di MAN Pangkep Kab.Pangkep, (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok terhadap peningkatan perilaku prososial siswa MAN Pangkep Kab.Pangkep. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan True experimental design dalam bentuk pretes postes control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 30 orang yang teridentifikasi mengalami perilaku prososial rendah, 15 orang kelompok eksperimen dan 15 orang kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala prososial dan observasi. Hasil penelitian mengenai pengaruh penerapan teknik sosiodrama dalam meningkatkan perilaku prososial siswa MAN Pangkep Kab. Pangkep, mengemukakan bahwa (1)Teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok dilaksanakan dalam empat sesi, sesi pertama menumbuhkan jiwa tolong menolong, sesi kedua menumbuhkan sikap kerjasama, sesi ketiga menumbuhkan jiwa kejujuran, sesi keempat menumbuhkan empati siswa (2)Gambaran tingkat Perilaku prososial siswa MAN Pangkep Kab. Pangkep sebelum diberi perlakuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam hal ini latihan sosiodrama dalam bimbingan kelompok berada pada kategori rendah, akan tetapi setelah diberi perlakuan tingkat perilaku prososial siswa pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan atau berada pada kategori tinggi sedangkan pada kelompok kontrol tetap berada pada kategori rendah, (3)Penerapan teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok secara signifikan memberi pengaruh positif terhadap peningkatan perilaku prososial siswa, artinya bila teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok ini diterapkan, maka dapat membantu meningkatkan perilaku prososial siswa MAN Pangkep Kab. Pangkep Kata Kunci: Teknik Sosiodrama, Bimbingan Kelompok, Perilaku prososial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 06:06
Last Modified: 03 Apr 2018 06:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6652

Actions (login required)

View Item View Item