Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Kelas VIII SMPN 26 Makassar

PALUNGAN, CHRISARIA (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Kelas VIII SMPN 26 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
03.pdf

Download (825kB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian pre experimental yang bertujuan untuk mengetahui deskripsi proses dan hasil pembelajaran model Probing-prompting disetiap fase pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Probing-prompting terhadap hasil belajar matematika siswa pada kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. Penelitian ini mengacu pada model pembelajaran Probing-Prompting yang dilaksanakan dalam 5 tahapan fase, yaitu (1) Mengetahui kemampuan awal siswa, (2) Pengenalan Situasi, (3) Penyajian Pengetahuan, (4) Pemberian Feedback, dan (5) Penguatan Pemahaman. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII SMPN 26 Makassar dengan sampel sebanyak 27 siswa dari kelas VIII-4 SMPN 26 Makassar tahun ajaran 2016/2017. Pengumpulan data menggunakan Instrumen: (1) Tes kemampuan awal, (2) Tes Hasil Belajar, (3) Keterlaksanaan model pembelajaran Probing-Prompting, (4) Aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran Probing-Prompting. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) hasil belajar matematika dengan menggunakan analisis deskriptif menunjukkan bahwa dari 27 siswa terdapat 23 siswa yang dikategorikan tuntas dengan menggunakan model pembelajaran Probing-Prompting. (2) Perubahan sikap siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar semakin membaik, dengan menyediakan seperangkat pertanyaan yang mendorong siswa untuk melakukan kegiatan sangatlah mendukung dalam kegiatan pembelajaran, serta dengan mengetahui kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran sangatlah penting, (3) Penerapan model pembelajaran Probing-Prompting berpengaruh positif secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 26 Makassar. (4) Pelaksanaan pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran Probing-Prompting dapat mempengaruhi siswa menjadi lebih aktif dan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 26 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 05:58
Last Modified: 03 Apr 2018 05:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6650

Actions (login required)

View Item View Item