PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X AVIONIC SMK PENERBANGAN HASANUDDIN MAKASSAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI REACT DAN STRATEGI KONVENSIONAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH BERKAITAN DENGAN MATRIKS.

HaryuniHelmi, HaryuniHelmi (2014) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X AVIONIC SMK PENERBANGAN HASANUDDIN MAKASSAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI REACT DAN STRATEGI KONVENSIONAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH BERKAITAN DENGAN MATRIKS. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
HaryuniHelmi.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK HaryuniHelmi, 2014. PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X AVIONIC SMK PENERBANGAN HASANUDDIN MAKASSAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI REACT DAN STRATEGI KONVENSIONAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH BERKAITAN DENGAN MATRIKS. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar.Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodeeksperimendenganunit experimendalampenelitianiniadalahsiswa SMK PenerbanganHasanuddinkelas X sebanyakduakelas, yang terdiriataskelaseksperimendankelaskontrol.Keduakelastersebutdiambilsecaraacakdaritigakelas yang ada.Kelaseksperimen yang berjumlah 37 siswamerupakankelas yang mendapatkanpembelajarandenganstrategireactsedangkankelaskontrol yang berjumlah 37 siswaadalahkelas yang mendapatkanpembelajarandenganstrategikonvensional. Dalampenelitianiniperlakuan yang diberikanadalahpembelajaranmelaluistrategireact, sedangkanaspek yang diukurnyaadalahpenalaranmatematissiswa. Olehkarenaitu, yang menjadivariabelbebasdalampenelitianiniadalahpembelajarandenganstrategireactdanvariabelterikatnyaadalahpenalaranmatematisHasilpretesmenunjukkanbahwanilaitertinggidanterendahdarikelaseksperimenadalah 14 dan 8, sedangkanpadakelaskontrolnilaitertinggidannilaiterendahnyaadalah14 dan 6.Kelaseksperimenmemilikinilairata-rata 10,05dankelaskontrol 10,08,haltersebutmenunjukkanbahwakelastersebutmemilikivariansi yang homogensehinggamemenuhiuntukdijadikansebagaiobyekpenelitian Hasilpostesmenunjukkanbahwanilaitertinggidanterendah yang dicapaiolehsiswapadakelaseksperimenadalah 92 dan 58 dengan rata-rata 72,41 sedangkanuntukkelaskontroladalah 85 dan 28 denganrata-rata 63,27.Skor rata-rata nilai gain kelaseksperimenadalah 0.7. Hal inimenunjukkanbahwakualitaspencapaianbernalarsiswabaik, danskor rata-rata nilai gain kelaskontroladalah 0,6. Hal inimenunjukkanbahwakualitaspencapaianbernalarsiswasedang. Uji-t yang dilakukanterhadaphasil gain kelaskontroldankelaseksperimenmenunjukkanadanyaperbedaanhasil yang signifikanantarakelaseksperimendankelaskontrol.Karenanilai ½ sig. (2-tailed) <dari 0,05maka Ho di terima, artinyapencapaiankemampuanbernalarmatematissiswakelaseksperimenlebihbaikdaripadakelaskontrolSehinggadapatdisimpulkanbahwaterjadiperbedaankemampuanpenalaranmatematissiswaantarakelaseksperimendankelaskontrol. Kata kunci: strategiReact, kemampuanpenalaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:40
Last Modified: 29 Apr 2016 06:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/665

Actions (login required)

View Item View Item