Analisis Kesalahan Siswa SMP Negeri I Tinggimoncong Dalam Menyelesaikan Persamaan Garis Lurus Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa

Halim Eka, Putra (2015) Analisis Kesalahan Siswa SMP Negeri I Tinggimoncong Dalam Menyelesaikan Persamaan Garis Lurus Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Halim Eka Putra.docx

Download (16kB)

ABSTRAK Halim Eka Putra, 2015. Analisis Kesalahan Siswa SMP Negeri I Tinggimoncong Dalam Menyelesaikan Persamaan Garis Lurus Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa kelas VIII5 SMP Negeri I Tinggimoncong dalam menyelesaikan masalah persamaan garis lurus ditinjau dari kemampuan awal. Kesalahan yang dimaksud pada penelitian ini mencakup kesalahan: 1) faktual, 2) konseptual, 3) prosedural pada tiap tahapan: 1) tahap memahami masalah, 2) tahap menentukan strategi pemecahan masalah, dan 3) tahap implementasi strategi pemecahan masalah. Subjek penelitian ini terdiri dari dua orang satu orang berkemampuan awal tinggi dan satu orang berkemampuan awal rendah. Instumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dipandu dengan instrumen tes kemampuan awal, tes diagnostik dan pedoman wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) data hasil tes diagnostik dan wawancara dibuatkan transkrip, 2)reduksi data, 3) pemaparan data, 4) penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa subjek kategori tinggi pada tahap memahami masalah melakukan kesalahan konseptual yaitu salah dalam menentukan gradien. Pada tahap implementasi strategi, subjek melakukan kesalahan faktual yaitu penambahan tanda sama dengan pada tiap baris dan kesalahan prosedural yaitu subjek mengetahui prosedur namun lupa mengerjakannya dan salah dalam menggunakan rumus y-b=m(x+a) dimana seharusnya subjek mengubah nilai a dan b menjadi positif terlebih dahulu. Sedangkan subjek kategori rendah pada tahap memahami masalah subjek melakukan kesalahan faktual yaitu terbalik dalam menentukan absis dan ordinat dari titik dan menghilangkan tanda negatif pada koordinat titik. Kesalahan konseptual yang dilakukan yaitu salah dalam menentukan gradien, subjek memilih absis dari titik sebagai gradien, dan kesalahan prosedural yaitu menganggap bahwa garis tidak dapat digambarkan dari dua titik yang diketahui. Pada tahap merencanakan strategi, subjek melakukan kesalahan konseptual yaitu salah dalam memilih rumus. Pada tahap implementasi strategi, subjek melakukan kesalahan konseptual yaitu salah dalam menentukan nilai m yang mewakili gradien dan kesalahan prosedural yaitu mengabaikan informasi titik ataupun garis lain yang ada pada masalah yang diberikan. Kata Kunci : Dimensi pengetahuan, Kesalahan, Faktual, Konseptual

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:40
Last Modified: 29 Apr 2016 06:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/664

Actions (login required)

View Item View Item