Pengembangan Alat Bantu (Trainer) Pembelajaran Robotika Pertanian di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Rahman, Khaidir (2017) Pengembangan Alat Bantu (Trainer) Pembelajaran Robotika Pertanian di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
2. BAB I, BAB II, BAB III.docx

Download (1MB)

ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran proses pengembangan, kevalidan dan respon dari mahasiswa terkait trainer robotika pertanian sebagai media pembelajaran di program studi pendidikan teknologi pertanian fakuktas teknik universitas negeri makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan metode ADDIE. Objek penelitian adalah trainer robotik hasil rancangan yang telah divalidasi oleh ahli media dan materi. Responden penelitian terdiri dari 5 orang untuk kelompok kecil dan 20 orang untuk kelompok besar. Instrumen penelitian terdiri atas angket untuk ahli materi, ahli media serta mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deksriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan gambaran proses pengembangan trainer robotik pertanian dimulai dari tahap perencanaan sampai dengan pembuatan perangkat keras dan buku petunjuk serta melalui proses validasi, baik oleh ahli media, materi dan mahasiswa. Kevalidan diukur melalui angket yang diisi oleh ali materi, media, dan mahasiswa, berdasarkan hasil analisis kevalidan media oleh ahli materi, nilai rata-rata menunjukkan 3,80 yang berarti sangat valid, sedangkan hasil kevalidan oleh ahli media menunjukkan rata-rata nilai sebesar 3,81 yang berarti sangat valid, dan hasil analisis kevalidan media oleh mahasiswa menunjukkan nilai rata-rata sebesar 3,68 yang berarti sangat valid untuk digunakan. Sedangkan respon dari 20 orang mahasiswa terhadap penerapan trainer robotik sebagai media pembelajaran menunjukkan nilai rata-rata sebesar 3,56 yang artinya bahwa rata-rata respon mahasiswa adalah sangat baik. Dengan demikian, trainer robotik pertanian valid memberikan respon yang baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 04:11
Last Modified: 03 Apr 2018 04:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6636

Actions (login required)

View Item View Item