Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Berbasis Pengalaman (Experiental Learning) pada Peserta Didik Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Barru

ZAHRAH, ZAHRAH (2016) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Berbasis Pengalaman (Experiental Learning) pada Peserta Didik Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Barru. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL zahrah.docx

Download (62kB)

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) difokuskan pada pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis pengalaman. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap meliputi: (1) tahap pendefinisian(define),pada tahap ini meliputi menetapkan dan mendefinisikan syarat-syarat pembelajaran diawali dengan analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan spesifikasi tujuan; (2) Tahap Perencanaan (design), pada tahap ini dilakuakn pemilihan LKPD dan rancangan awal, (3) Tahap pengembangan (Develop, pada tahap ini LKPD yang sudah direvisi berdasarkan masukan dari para pakar/ahli; (4) Tahap penyebaran (Disseminate), pada tahap ini dilakukan penyebaran melalui FGD guru fisika. LKPD yang dikembangkan telah divalidasi oleh dua orang ahli dengan mendapatkan hasil sedikit revisi, sehingga layak untuk digunakan. Uji coba dilakukan di SMK Negeri 3 Barru yang melalui 4 pertemuan, yaitu untuk melihat validitas, efisiensi, dan efektifitas LKPD. Hasil penelitian menunjukkan LKPD dinyatakan valid dan praktis dengan tingkat validitas VC = 1,0 dan koefisien kepraktisan (PA) = 89,86 % sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Barru tahun ajaran 2015/2016. Hasil tes belajar mencapai ketuntasan minimal di atas 75 sehingga LKPD Berbasis Pengalaman efektif digunakan di SMK Negeri 3 Barru.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 03:49
Last Modified: 03 Apr 2018 03:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6631

Actions (login required)

View Item View Item