Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP DDI Polewali.

SAALAH, SAALAH (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP DDI Polewali. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
1. BAB I (1-8).docx

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian Tugas Akhir tesis ini bertujuan untuk : (i) menganalisis dan menguji perbedaan hasil belajar matematika siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada kelas eksperimen. (ii) menganalisis dan menguji perbedaan hasil belajar matematika siswa sebelum dan setelah penerapan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. (iii) menganalisis dan menguji motivasi belajar matematika siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada kelas eksperimen? (iv) menganalisis dan menguji motivasi belajar matematika siswa setelah penerapan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Data diperoleh melalui hasil tes yaitu pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP DDI Polewali yang berjumlah 183 siswa. Pengambilan sample menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan pengambilan sample diperoleh kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis dengan uji Independent Sample T-Test menunjukan bahwa bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum treatment (penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray). Selanjutnya terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa setelah treatment (penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray) pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dan berdasarkan tabel uji statistik. Skor rata-rata hasil belajar matematika siswa setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada kelas eksperimen lebih baik. Berdasarkan perbedaan skor rata-rata gain hasil belajar menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah treatment pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 03:48
Last Modified: 03 Apr 2018 03:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6630

Actions (login required)

View Item View Item