Efektifitas Metode Pembelajaran Inquiry dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negri 12 Bulukumba

Fitria Astuti, Danial (2014) Efektifitas Metode Pembelajaran Inquiry dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negri 12 Bulukumba. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Fitria Astuti Danial..docx

Download (12kB)

ABSTRAK Fitria Astuti Danial. 2014. Efektifitas Metode Pembelajaran Inquiry dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negri 12 Bulukumba. Skripsi. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar. Pembimbing Drs. H. Darwing Paduppai, M. Pd. Dan Ahmad Zaki, S. Si., M. Si.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode pembelajaran Inquiry dalam pembelajaran matematika materi kubus dan balok pada siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 12 Bulukumba. Populasi penelitian ini terdiri dari 6 kelas VIII di SMP Negeri 12 Bulukumba dan yang menjadi satuan eksperimen penelitian adalah kelas VIII.2 yang terdiri atas 23 orang siswa dengan teknik pengambilan satuan eksperimen melalui simple random sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen tes hasil belajar, lembar obeservasi aktivitas siswa dan angket respon siswa. Data hasil belajar matematika siswa terdiri atas data pretest dan data posttest. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Dari hasil analisis deskriptif pada preetest, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum penerapan metode pembelajaran Inquiry berada pada kategori sangat rendah, yakni sebesar 29, 74 dari nilai ideal. Data posttest siswa menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa setelah penerapan metode pembelajaran Inquiry berada pada kategori tinggi, yakni sebesar 82, 83 dari nilai ideal. Pada hasil analisis data inferensial yang menggunakan uji paired t-test, dengan taraf signifikansi 0, 05, diperoleh nilai sig(2tailed) sebesar p=0,000<α=0, 05. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara rata-rata hasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan dengan hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan. Data ini didukung dengan hasil observasi aktifitas siswa yang tergolong aktif dengan persentase mencapai 87,05% dan respon siswa yang tergolong positif dengan persentase mencapai 93,84%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Inquiry efektif dalam pembelajaran matematika materi kubus dan balok pada siswa kelas VIII.2 SMP NEgeri 12 Bulukumba. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Inquiry, Efektivitas, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:40
Last Modified: 29 Apr 2016 06:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/663

Actions (login required)

View Item View Item