Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Ditinjau dari Hasil Belajar dan Sikap Terhadap Matematika pada Siswa Kelas X TPHP SMKN 5 Pinrang

ROBY., ROBY. (2017) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Ditinjau dari Hasil Belajar dan Sikap Terhadap Matematika pada Siswa Kelas X TPHP SMKN 5 Pinrang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
TESIS ROBY.doc

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendapatkan informasi tentang sikap siswa terhadap matematika sesudah menggunakan pembejaran kooperatif tipe jigsaw; (2) untuk mendapatkan informasi tentang hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan pembejaran kooperatif tipe jigsaw; (3) untuk mendapatkan informasi pengaruh hasil belajar siswa setelah menggunakan pembejaran kooperatif tipe jigsaw; (4) untuk mengetahui skor rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw; (5) untuk mengetahui skor rata-rata sikap siswa setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini adalah pemelitian Pre Eksperimen yang dilaksanakan di SMKN 5 Pinrang. Populasi penelitian adalah siswa kelas X TPHP semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling dan rancangan penelitian one group only pre test-post test design. Data hasil belajar siswa digunakan tes hasil belajar dan sikap siswa dengan menggunakan angket sikap sedangkan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi selama proses pembelajaran. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dan sikap siswa dan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori terlaksana dengan baik, (2) setelah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mencapai ketuntasan klasikal, (3) sikap siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berada pada kategori tinggi. Demikian juga pada analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest dalam pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk materi matriks serta sikap siswa minimal kategori sedang, sehingga dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memengaruhi hasil belajar dan sikap siswa terhadap matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 03:38
Last Modified: 03 Apr 2018 03:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6628

Actions (login required)

View Item View Item