Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dengan Mind Mapping (MM) bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Tutar Kabupaten Polewali Mandar.

AGUSTINA., AGUSTINA. (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dengan Mind Mapping (MM) bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Tutar Kabupaten Polewali Mandar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I (1-8).docx

Download (27kB)

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan Mind Mapping (MM) bagi siswa kelas VII SMP Negeri Tutar Kabupaten Polewali Mandar (2) Untuk memperoleh perangkat pembelajaran biologi berbasis model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan Mind Mapping (MM) bagi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tutar Kabupaten Polewali Mandar yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat dengan menggunakan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan dessiminate (penyebaran). Kualitas perangkat pembelajaran didasarkan pada uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran biologi yang dikembangkan berdasarkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan Mind Mapping (MM) bagi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tutar Kabupaten Polewali Mandar telah memenuhi kriteria kualitas perangkat pembelajaran, yaitu: (a) valid, rata-rata nilai kevalidan untuk RPP yaitu 3,6 (sangat valid), materi ajar (buku siswa) yaitu 3,5 (sangat valid), LKS yaitu 3,4 (valid), dan THB yaitu 3,5 (sangat valid). (b) praktis yaitu rata-rata keterlaksanaan perangkat pembelajaran sebesar 1,85 (terlaksana seluruhnya), respon guru 88,13 (sangat positif). (c) efektif yaitu tercapainya ketuntasan klasikal hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai tes hasil belajar sebesar 72,00 atau berada pada kategori baik/tinggi, terpenuhinya kriteria kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan nilai rata-rata 4,49 atau tinggi, dan terpenuhinya kriteria respon siswa yaitu 100% siswa memberi respon positif terhadap buku siswa, LKS, dan pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 08:14
Last Modified: 05 Apr 2018 08:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6626

Actions (login required)

View Item View Item