Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Product Untuk Meningkatkan Aktivitas, dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MI AL- Khaeriyah Barru Kabupaten Barru.

Haeruddin., Haeruddin. (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Product Untuk Meningkatkan Aktivitas, dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MI AL- Khaeriyah Barru Kabupaten Barru. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I (1-10).docx

Download (45kB)

ABSTRAK Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan hasil kegiatan manusia berupa pengetahuan, gagasan, dan konsep yang terorganisir tentang alam sekitar yang diperoleh dari pengalaman melalui serangkaian proses ilmiah. Dalam pembelajaran IPA siswa benar-benar harus aktif, sehingga akan berdampak pada ingatan siswa tentang apa yang telah dipelajari akan lebih lama bertahan. Berdasarkan pengamatan di MI. Al- Khaeriyah Barru ditemukan masalah dalam pembelajaran IPA. Dalam kegiatan pembelajaran guru belum menggunakan pendekatan dan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga menyebabkan siswa kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Proses pembelajaran lebih berpusat pada guru sehingga siswa menjadi kurang termotivasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, dan hasil belajar IPA siswa kelas V MI. Al- Khaeriyah Barru Kabupaten Barru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan dalam dua siklus dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Product. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI. Al- Khaeriyah Barru Kabupaten Barru pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data siswa dilakukan dengan menggunakan angket data aktivitas siswa menggunakan lembar observasi aktivitas dan data hasil belajar diperoleh menggunakan tes hasil belajar siklus I dan Siklus II dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada peningkatan aktivitas belajar siswa, nilai rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 79 % menjadi 92,5% pada siklus II. (2) Terjadi Peningkatan hasil belajar pada siklus I dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 55% dan pada siklus II meningkat menjadi 85%.pencapaian nilai KKM. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Team Product dapat meningkatkan aktivitas, dan hasil belajar IPA siswa kelas V MI. Al- Khaeriyah Barru Kabupaten Barru pada materi penyesuain diri mahluk hidup dengan lingkungannya .

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 03:21
Last Modified: 03 Apr 2018 03:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6625

Actions (login required)

View Item View Item