Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMAN 3 Pinrang.

KASMAWATI H, KASMAWATI H (2017) Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMAN 3 Pinrang. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
12. BAB I (1-9).docx

Download (25kB)

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan barisan dan deret, dengan tiga aspek yaitu hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan motivasi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 3 Pinrang. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII IA 1 semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Data tentang aktivitas siswa diperoleh melalui pengamatan dengan menggunakan lembar pengamatan selama proses pembelajaran sedangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa digunakan tes hasil belajar. Sedangkan data motivasi siswa diperoleh dengan menggunakan angket yang diberikan kepada siswa pada akhir penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa, aktivitas siswa, serta motivasi siswa dan analisis inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Data aktivitas siswa dan motivasi siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif sedangkan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik terlaksana dengan baik. (2) model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik efektif dalam pembelajaran matematika ditinjau dari aspek: (a) hasil belajar siswa dengan rata-rata skor posttes lebih besar dari rata-rata skor pretes, rata-rata skor posttes adalah 83,70 ≥ KKM, rata-rata gain adalah 0,7583, dan siswa yang tuntas sebanyak 93,33% ≥ 80% sehingga mencapai ketuntasan klasikal; (b) aktivitas siswa selama proses pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik rata-rata 3,06 (kategori aktif); dan (c) motivasi siswa dengan rata-rata 3,04 (kategori tinggi). Demikian juga pada analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa lebih dari KKM, rata-rata gain ternormalisasi siswa berada pada kategori sedang dan siswa tuntas secara klasikal. Sehingga dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik efektif dalam pembelajaran matematika siswa SMAN 3 Pinrang.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 03:13
Last Modified: 03 Apr 2018 03:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6623

Actions (login required)

View Item View Item