Perbandingan Hasil Belajar Fisika Melalui metode Pemecahan Masalah dan Metode Mendorong Penyelidikan Pada Peserta Didik Kelas X MAN 2 Model Makassar

KADIR, FITRIANI (2016) Perbandingan Hasil Belajar Fisika Melalui metode Pemecahan Masalah dan Metode Mendorong Penyelidikan Pada Peserta Didik Kelas X MAN 2 Model Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (58kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis hasil belajar peserta didik kelas X MAN 2 Model Makassar., (2) menganalisis ada tidaknya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X MAN 2 Model Makassar jika diajar dengan metode Pemecahan Masalah dan metode Penyelidikan. Jenis penelitian adalah penelitan eksperimen dengan posttest only control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas yang diajar dengan metode pemecahan masalah dan kelas yang diajar dengan metode mendorong penyelidikan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MAN 2 Model Makassar, terdiri dari enam kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik 252 orang, sedangkan sampel diambil dengan teknik pengacakan kelas sehingga terpilih dua, yaitu Kelas X MIA 2 dengan menerapkan metode mendorong penyelidikan dan Kelas X MIA 3 menerapkan metode mendorong penyelidikan yang masing-masing terdiri dari 42 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran pemecahan masalah pada kelas X MIA 3 MAN 2 MODEL MAKASSAR berada pada kategori tinggi dan untuk ranah afektif dan psikomotorik peserta didik yang diajar dengan metode pemecahan masalah berada pada kategori sangat baik, (2) hasil belajar fisika pada ranah kognitif peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran mendorong penyelidikan pada kelas X MIA 2 MAN 2 MODEL MAKASSAR berada pada kategori sangat tinggi, untuk ranah afektif dan psikomotorik peserta didik yang diajar dengan metode mendorong penyelidikan berada pada kategori sangat baik dan (3) terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode pemecahan masalah dan mendorong penyelidikan, hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode mendorong penyelidikan lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 03:06
Last Modified: 03 Apr 2018 03:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6622

Actions (login required)

View Item View Item