Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah IPS Kelas VII.1 Di SMP Negeri 1 Mallusetasi Kabupaten Barru.

RATNAWATI., RATNAWATI. (2017) Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah IPS Kelas VII.1 Di SMP Negeri 1 Mallusetasi Kabupaten Barru. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL RATNA.docx

Download (68kB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan memecahkan masalah adalah salah satu tujuan dari pembelajaran IPS, namun jika peserta didik disuguhkan masalah-masalah yang ada di lingkungannya, peserta didik terkesan sangat bingung dan tak tahu apa yang harus dilakukan. Model Problem Based Learning (PBL) salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar IPS yang mengkaji kejadian-kejadian yang ada di dalam kehidupan peserta didik sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan memecahkan masalah IPS dengan penerapan model Problem Basic Learning kelas VII.1 di SMP Negeri 1 Mallusetasi Kabupaten Barru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan memecahkan masalah dalam pembelajaran IPS dan variable bebasnya adalah model problem based learning. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII.1 SMP Negeri 1 Mallusetasi Kabupaten Barru yang berjumlah 25 peserta didik dengan rincian, 17 peserta didik perempuan dan 8 peserta didik laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap tingkat kemampuan memecahkan masalah IPS . Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil evaluasi siklus I dan siklus II peserta didik. Rata-rata skor siklus I peserta didik yaitu sebesar 13,96 mengalami peningkatan pada skor siklus II menjadi 17,08. Berdasarkan hasil observasi pertemuan terakhir 16 (64%) peserta didik berada pada kategori tinggi . Artinya bahwa model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 03:05
Last Modified: 03 Apr 2018 03:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6621

Actions (login required)

View Item View Item