Pemahaman Awal Konsep Peluang ditinjau dari Tingkat Kemampuan Awal Matematika Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 3 Pinrang

TOLA, RAHMAH (2017) Pemahaman Awal Konsep Peluang ditinjau dari Tingkat Kemampuan Awal Matematika Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 3 Pinrang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I RTOLA (1-8).docx

Download (29kB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu kecakapan dalam matematika yang penting dimiliki oleh siswa adalah pemahaman konsep. Untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematika diperlukan alat ukur, hal tersebut sangat penting dan dapat dijadikan pedoman pengukuran yang tepat. Indikator pemahaman konsep dalam penelitian ini adalah (1) Menyatakan ulang konsep, (2) Mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsepnya). (3) Memberikan contoh dan non contoh dari konsep. (4) Menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, dan (5) Mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep peluang siswa kelas XI IPA1 dengan kategori siswa berkemampuan awal tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 tahun ajaran 2016/ 2017 yang berjumlah 6 siswa yang ditentukan menggunakan sampel bertujuan (purposive). Wawancara dilakukan kepada keenam siswa di mana keenam siswa tersebut berdasarkan pertimbangan telah memenuhi syarat untuk menjadi subyek penelitian. Siswa tersebut memiliki kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah serta mampu memberikan keterangan atau informasi pada saat wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode tes, dan metode wawancara. Instrumen tes yang digunakan adalah tes uraian yang berjumlah 5 soal. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pemahaman konsep subjek berkemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah mengenai ruang sampel adalah subjek berkemampuan awal tinggi dan sedang memahami dan dapat memberikan contoh dan non contoh mengenai ruang sampel, tetapi subjek dengan kemampuan awal rendah belum memahami. (2) Pemahaman konsep subjek berkemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah, tentang peluang suatu kejadian adalah ketiga subjek memahami peluang suatu kejadian dan dapat menyatakan ulang konsep peluang tetapi ketiga subjek belum dapat mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan mengenai peluang suatu kejadian. (3) Ketiga subjek memahami dan dapat mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu dan dapat memberikan contoh dan non contoh tentang batas-batas nilai peluang. (4) Pemahaman konsep ketiga subjek mengenai dua kejadian majemuk A atau B adalah dapat menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis dan dapat memberikan contoh dan non contoh dari konsep kejadian majemuk A atau B. (5) Ketiga subjek belum dapat menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis dan belum dapat memberikan contoh dan non contoh mengenai kejadian majemuk A dan B.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 02:57
Last Modified: 03 Apr 2018 02:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6620

Actions (login required)

View Item View Item