Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Aljabar (Esperimen Semu pada Siswa Kelas VIII SMPN di Kecamatan Sinjai Utara).

Fahranika, Fahranika (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Aljabar (Esperimen Semu pada Siswa Kelas VIII SMPN di Kecamatan Sinjai Utara). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Fahranika.docx

Download (12kB)

ABSTRAK Fahranika, 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Aljabar (Esperimen Semu pada Siswa Kelas VIII SMPN di Kecamatan Sinjai Utara). Skripsi. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Baso Intang Sappaile dan Awi Dassa).Penelitian ini merupakan eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (2) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHS (3) ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Sinjai Utara yang berakreditasi A pada tahun ajaran 2014/2015 dan dipilih 2 kelas secara random sampling sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistika deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dari analisis statistika deskriptif adalah sebagai berikut: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berada pada kategori sedang (2) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperaif tipe NHS berada pada kategori tinggi. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika siswa antara yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHS dengan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHS lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHS (Numbered Heads Stuctured), Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together). vii

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:40
Last Modified: 29 Apr 2016 06:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/662

Actions (login required)

View Item View Item