Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Siswa SD Negeri 5 Amparita

SALAM, ABDUL (2016) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Siswa SD Negeri 5 Amparita. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Salam.docx

Download (34kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media audio visual, kemampuan menyimak cerita, dan pengaruh penggunaan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Indonesia terhadap kemampuan menyimak cerita siswa SD Negeri 5 Amparita. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan True Experimental Design yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Jumlah populasi dalam penelitian ini 248 dengan sampel siswa kelas V yang berjumlah 38 orangdenganPurposive sampling dan pengacakan terdiri dari 19 anggota kelompok eksperimen dan 19 anggota kelompok kontrol. Adapun teknik pengumpulan data adalah melalui tes. Data tersebut dianalisis dengan dua macam teknik analisis statistik, yaitu analisis deskriptif dan analisis infrensial dengan menggunakan program SPSS windows versi 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran di kelas kontrol yang diajar tanpa media audio visual adalah siswa hanya sebagai obyek penerima materi dan gurusebagai pusat pembelajaran, hanya terlihat beberapa siswa yang aktif bertanya kepada guru, sedangkan siswa yang lain kurang memperhatikan pembelajaran. Sebaliknya pada kelas eksperimen, siswa terlihat aktif, terfokusdan bersemangat dalam belajar. Hasil tes pretes dan postes menunjukkan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa. Siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan media audio visual rata-rata hasil belajarnya lebih tinggi dibandingkan siswa yang tidak diberi pengajaran menggunakan media audio visual. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Indonesia memberi pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menyimak cerita pendek siswa di SDNegeri 5 Amparita. Kata kunci: Media audio visual, kemampuan menyimak cerita pendek

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 02:32
Last Modified: 03 Apr 2018 02:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6614

Actions (login required)

View Item View Item