Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawdan Motivasi terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa di SD Kecamatan Uluere Kabupaten Bantaeng

NASIR, MUHAMMAD (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawdan Motivasi terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa di SD Kecamatan Uluere Kabupaten Bantaeng. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.docx

Download (71kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan guru mengelola pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw; (2) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw ; (3) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw; (4) hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif TipeJigsaw; (5) hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw; (6) perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw dengan siswa yang diajar dengan dengan pembelajaran langsung. Jenis penelitian merupakan eksperimen semu dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design.Penelitian ini digunakan kelas eksperimen berupa model pembelajaran kooperatif TipeJigsaw dan kelas kontrol berupa pembelajaran Konvensional. Instrument penelitian berupa lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Data analisis deskriptif untuk mendeskripsikan kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan tes hasil belajar. Analisis statistik inferensial (uji-t) digunakan untuk mengetahui signifikan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsawdengan siswa yang diajar dengan pembelajaran Konvensionalmelalui programSPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)kemampuan guru mengelola pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif TipeJigsaw berada pada kategori baik; (2) kemampuan guru mengelola pembelajaran melalui pembelajaran Konvensional berada pada kategori cukup baik; (3) aktivitas siswa yang diajar melalui pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw berada pada kategori aktif; (4) aktivitas siswa yang diajar melalui pembelajaran Konvensional berada pada kategori kurang aktif; (5) hasil belajar siswa yang diajar melalui pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw berada pada kategori baik; (6) hasil belajar siswa yang diajar melalui pembelajaran Konvensional berada pada kategori cukup; (7) terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw dengan siswa yang diajar dengan dengan pembelajaran Konvensional dengan nilai t = 4,396; p = <0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2

PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 02:30
Last Modified: 03 Apr 2018 02:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6613

Actions (login required)

View Item View Item