PengaruhPenerapanMetodeKodeDalamPembelajaranBahasa Indonesia TerhadapKeterampilanBerbicaraSiswaKelasIV SDNegeri 10 PangkajeneKabupatenSidenrengRappang

SUPRIADI, SUPRIADI (2016) PengaruhPenerapanMetodeKodeDalamPembelajaranBahasa Indonesia TerhadapKeterampilanBerbicaraSiswaKelasIV SDNegeri 10 PangkajeneKabupatenSidenrengRappang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Supriadi.docx

Download (32kB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipenerapanmetodekode (alihkodedancampurkode) dalam proses pembelajaranbahasa Indonesiaterhadapketerampilanberbicarasiswa, untukmengetahuiketerampilanberbicarasiswaterhadappenerapanmetodekode (alihkodedancampurkode) dalam proses pembelajaranbahasa Indonesia, danuntukmengetahuiapakahadapengaruhpenerapanmetodekode (alihkodedancampurkode) dalam proses pembelajaranbahasa Indonesia terhadapketerampilanberbicarasiswa. Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatif yang mengambillokasiSDN 10 PangkajeneKecamatanMaritengngaeKabupatenSidenrengRappang.Pengumpulan data dilakukanmelalui,tesdanobsevasiHasilpenelitianmenunjukkanbahwaperhitungan yang diperoleh rata-rata nilaitesketerampilanberbicarasiswapadakelaseksperimenlebihtinggidarinilaiteskelaskontrol.Artinyanilaisiswa yang dalampembelajaranbahasa Indonesia menggunakanmetodekode(alihkodedancampurkode)lebihtinggidengansiswa yang diajarkandenganpembelajarankonvensional. Berdasarkanpengujianhipotesismenggunakanujit, padatarafsignifikansi 0,05diperolehT_hitungpadapre testdanpost testkelaseksperimensebesar 24,7198. SedangkandarihasilperhitungandidapatnilaiT_tabel sebesar 2,06. Sehinggadapatdisimpulkanbahwametodekode (alihkodedancampurkode)dalampembelajaranbahasa Indonesia berpengaruhterhadappeningkatanketerampilanberbicarasiswa. Kata Kunci: Metodekode,pembelajaranbahasa Indonesia, Keterampilanberbicara Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 02:23
Last Modified: 03 Apr 2018 02:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6610

Actions (login required)

View Item View Item