Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Majene

RAMADHAN, AHMAD (2016) Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Majene. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL TESIS.docx

Download (64kB)

ABSTRAK Penelitian ini selain bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah, supervisi kepala sekolah dan kinerja guru, juga untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah terhadap kinerja guru, pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru dan pengaruh secara bersama-sama (simultan) antara pelaksanaan supervisi akademik pengawas dengan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru pada SMK Negeri di Kabupaten Majene. Penelitian ini berupa jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pegawai negeri sipil pada 8 (delapan) SMK Negeri di Kabupaten Majene sebanyak 210 guru. Sampel penelitian sebanyak 138 orang guru yang ditetapkan dengan teknik proportional random sampling.. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dengan responden guru. Pengembangan instrumen dilakukan mulai dari validasi isi, validasi butir dan reliabilitas instrumen sehingga instrumen siap digunakan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis infrensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah belum terlaksana dengan baik dan berkategori rendah, supervisi kepala sekolah terlaksana dengan baik dan berkategori tinggi dan kinerja guru terlaksana dengan baik dan berkategori tinggi. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear ganda yang menunjukkan bahwa : (1) pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, (2) supervisi kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, (3) pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dan supervisi kepala sekolah secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru pada SMK Negeri di Kabupaten Majene.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 02:20
Last Modified: 03 Apr 2018 02:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6609

Actions (login required)

View Item View Item