Pengaruh Model Pembelajaran Learning cycle 5-E dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Makassar.

WABULA., RISNAWATI (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Learning cycle 5-E dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I Hal 1-10.docx

Download (30kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis perbedaan pemahaman konsep fisika yang diajar menggunakan model pembelajaran learning cycle 5-E dengan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMA Negeri 12 Makassar, (2) khusus kelompok minat belajar tinggi, menganalisis perbedaan pemahaman konsep fisika yang diajar menggunakan model pembelajaran learning cycle 5-E dengan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional padas siswa kelas XI SMA Negeri 12 Makassar, (3) khusus minat belajar rendah, menganalisis perbedaan pemahaman konsep fisika yang diajar menggunakan model pembelajaran learning cycle 5-E dengan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMA Negeri 12 Makassar, (4) menganalisis pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa kelas XI SMA negeri 12 Makassar. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Penelitian ini menggunakan empat kelas yaitu dua kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5-E dan dua kelas kontrol yang diajar secara konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 12 Makassar, terdiri atas 7 kelas dengan jumlah keseluruhan 269 orang, dengan teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan empat kelas penelitian yang terdiri atas 80 orang. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan skor pemahaman konsep fisika antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5-E dengan yang diajar secara konvensional (2) untuk siswa dengan minat belajar tinggi, terdapat terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5-E dengan yang diajar secara konvensional (3) untuk siswa dengan minat belajar rendah, terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika antara siswa yang diajar dengan menggunkan model pembelajaran learning cycle 5-E dengan yang diajar secara konvensional (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar terhadap pemahaman konsep fisika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 02:09
Last Modified: 03 Apr 2018 02:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6606

Actions (login required)

View Item View Item